sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Bahan Rumahan untuk Tes Kehamilan, Bisa Pakai Gula?

Annisa Karnesyia Minggu, 22 Nov 2020 17:01 WIB
Close up of woman hand holding a positive home pregnancy test in bedroom at home Tes kehamilan/ Foto: iStock
Jakarta -

Sejak dulu, tes kehamilan rumahan atau buatan sendiri sudah populer. Tes ini menggunakan bahan rumahan yang bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan medis.

Menurut praktisi kesehatan holistik, Debra Rose Wilson, Ph.D, tes kehamilan rumahan bergantung pada hormon human chorionic gonadotropin (hCG) di tubuh wanita. Seperti kita tahu, tes kehamilan umumnya memeriksa darah dan urine untuk mencari kandungan hCG.

"Tubuh akan membuat hCG setelah implantasi embrio di rahim. Dokter dapat melakukan tes darah dan urine untuk memastikannya," ujar Wilson, dilansir Healthline.


Tes kehamilan buatan sendiri diklaim berhasil jika ada reaksi kimia antara hCG dan bahan rumahan yang digunakan. Beberapa bahan tersebut di antaranya adalah sampo, pasta gigi, dan gula.

Lalu seberapa akurat bahan rumahan ini mendeteksi kehamilan? Simak penjelasan berikut:

1. Sampo

Sampo dipercaya bisa dijadikan alat tes kehamilan. Kandungan dalam sampo diketahui dapat bereaksi dengan hCG yang dilepaskan wanita saat hamil.

"Beberapa orang percaya bahwa kadar hCG menyebabkan sampo berbusa dan menggelembung," kata Wilson.

Penggunaan sampo sebagai tes kehamilan bisa dicoba sendiri di rumah dengan mudah. Cukup siapkan air, sampel urine yang diambil di pagi hari, dua tetes sampo, dan mangkuk bersih.

Selanjutnya, campurkan dua tetes sampo dan air ke dalam mangkuk bersih dan aduk perlahan, jangan sampai berbuih. Tambahkan urine dan tunggu sampai timbul reaksi.

Jika sampo mulai bergelembung dan berbusa, artinya wanita hamil. Sebaliknya, jika tidak ada reaksi, artinya tidak hamil.

Tes kehamilan ini belum diuji efektivitasnya oleh para pakar dan peneliti. Hingga kini belum ada bukti ilmiah yang mendasarinya dan kemungkinan besar hasil tes kehamilan tidak akurat.

Bagaimana dengan 2 bahan lainnya? Klik NEXT untuk cek di halaman selanjutnya, Bunda. 

Simak juga tips cepat hamil ala Dr.Reisa Broto Asmoro, di video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi