sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil, Catat Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Era New Normal

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 15 Jul 2020 15:03 WIB
Young pregnant woman suffering from abdominal pain at home caption
Jakarta -

Hamil di masa pandemi COVID-19 seperti ini, membuat para Bunda ekstra waspada. Selain mematuhi anjuran untuk social distancing, hendaknya juga menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit.

Menurut penjelasan dr.Ruswantriani, Sp.OG, dari RSU Bunda Jakarta, sangat penting bagi ibu hamil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai pertahanan tubuh melawan bakteri, virus, dan organisme penyebab penyakit yang mungkin disentuh, dikonsumsi tanpa sengaja, dan dihirup setiap harinya.

"Meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu kunci agar tidak tertular virus COVID-19," ungkap dokter yang biasa disapa Tria ini.


Beberapa hal yang bisa ibu hamil lakukan untuk menjaga imunitas tubuh di antaranya seperti mendapat istirahat yang cukup, diimbangi dengan olahraga dan paparan sinar matahari yang cukup.

Selanjutnya, ibu hamil juga harus memerhatikan asupan buah dan sayur. Serta membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Termasuk menjaga jarak dari orang lain.

"Makanan bergizi sangat penting untuk membangun kekebalan tubuh yang kuat agar terlindung infeksi virus, serta memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh," imbuh Tria.

A pregnant fitness instructor is demonstrating how to do a reverse push up to one of the mothers in her fitness bootcamp.Tips menjaga imubitas tubuh ibu hamil di era new normal/ Foto: iStock

Lebih lanjut Tria menjelaskan, pembagian makanan sehat yang sebaiknya diasup ibu hamil. Mengutip panduan gizi seimbang pada masa pandemi COVID-19-Kementrian Kesehatan RI, makanan pokok merupakan sumber karbohidrat yang bisa didapat dari nasi, jagung, kentang dan umbi-umbian.

Nah, buat Bunda yang merasa mual makan nasi bisa menggantinya dengan jagung atau ubi nih. Terpenting tidak menghindari sumber protein dan mineral dari protein hewani dan nabati.

Gizi ibu hamil bisa dipenuhi dari daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu dan kacang-kacangan. Tambahkan buah dan sayur sebagai sumber vitamin, mineral dan serat juga, Bunda.

"Terutama sayuran dan buah yang berwarna, banyak mengandung vitamin A, C, E dan juga berfungsi sebagai antioksidan," kata Tria.

Sedangkan untuk panduan berolahraga untuk ibu hamil, cobalah untuk membiasakan melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit secara rutin 3 - 5 kali seminggu. Tak hanya meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga juga akan mengontrol kenaikan berat badan.

Bunda, simak juga yuk peralatan rumah tangga apa saja yang berbahaya bagi ibu hamil, seperti dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi