sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Asupan yang Baik Dikonsumsi di Usia Kehamilan Trimester Ketiga

Kinan Rabu, 22 Jul 2020 13:56 WIB
ilustrasi ibu hamil makan caption
Jakarta -

Usia kehamilan Bunda sudah memasuki trimester ketiga saat ini? Yuk mulai lebih perhatikan lagi asupan nutrisi demi tumbuh kembang bayi.

Asupan nutrisi menjadi penting karena di usia kehamilan ini, tubuh Bunda memerlukan energi ekstra. Terutama untuk tetap bisa melakukan aktivitas harian dan untuk persiapan jelang persalinan.

Nah, apa saja pilihan jenis asupan yang baik dikonsumsi pada usia kehamilan trimester ketiga? Berikut rangkuman informasinya:


1. Ikan

Bunda suka makan ikan? Ada kabar baik, nih. Ikan termasuk jenis makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung tinggi zat besi dan protein. Kedua komponen ini penting untuk menunjang kesehatan tubuh Bunda serta bayi.

Dikutip dari Parenting First Cry, jangan lupa untuk memastikan ikan dimasak matang sempurna untuk menjaga keamanan nutrisinya, ya.

2. Daging merah

Selain ikan, asupan lain yang juga baik dikonsumsi pada trimester ketiga yakni daging merah. Jenis makanan ini pun mengandung protein dan zat besi tinggi, yang dibutuhkan ibu hamil.

Mencukupi kebutuhan zat besi diketahui dapat menurunkan risiko anemia, serta menjaga tubuh Bunda tetap aktif jelang persalinan.

3. Sayuran berdaun hijau

Selain zat besi dan protein, tubuh Bunda juga memerlukan cukup serat selama trimester ketiga. Terutama untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan jelang persalinan.

Serat secara alami banyak didapat dari asupan seperti sayuran berdaun hijau, misalnya bayam dan brokoli.

4. Alpukat

Untuk buah-buahan, ada banyak pilihan yang bisa rutin Bunda konsumsi. Salah satunya yakni alpukat. Alpukat kaya akan zat besi dan asam lemak omega-3 sehingga baik untuk rutin dikonsumsi.

Lemak baik ini selain pada alpukat banyak juga terdapat dalam asupan lain seperti kacang dan sereal gandum.

alpukatAsupan untuk ibu hamil di usia kehamilan trimester ketiga. (Foto: shutterstock)

5. Susu

Untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin di trimester ketiga, Bunda bisa rutin minum susu. Berbagai mineral yang dimilikinya yakni kalsium dan kalium.

Memenuhi kebutuhan mineral ini akan membantu agar tubuh Bunda tidak defisit, ketika bayi memerlukannya. Olahan susu seperti keju dan yoghurt juga bisa jadi alternatif. Demikian dilansir Kid Spot.

Nah, di antara berbagai pilihan asupan sehat ini, mana yang jadi kesukaan Bunda?

Benarkah berhubungan intim di usia kehamilan 7 bulan bisa menyebabkan lahir prematur? Yuk cek penjelasan dokter berikut ini, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi