sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Asupan Penting di Usia Kehamilan Trimester Pertama, Cek di Sini Bunda

Kinan Selasa, 21 Jul 2020 17:15 WIB
ibu hamil makan buah caption
Jakarta -

Pada usia kehamilan trimester pertama, jangan lupa untuk selalu memerhatikan pola makan dan pemenuhan asupan nutrisi ya, Bunda. Semua demi menunjang tumbuh kembang janin yang pesat di waktu ini.

Selain dari suplemen yang diberikan oleh dokter, memenuhi nutrisi juga bisa Bunda dapatkan dari mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Perlu diketahui bahwa ibu hamil rata-rata memerlukan tambahan 300 kalori untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi janin, terutama di usia kehamilan trimester pertama.


Nah, apa saja pilihan asupan yang baik dikonsumsi pada periode awal kehamilan ini?

1. Telur dan daging merah

Protein menjadi salah satu jenis nutrisi yang penting dipenuhi selama hamil. Pilihan yang baik di antaranya sumber protein hewani seperti telur dan daging merah.

Kedua asupan ini memiliki asam lemak omega 3 yang tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi. Pastikan Bunda memilih yang kualitasnya baik dan dimasak dengan matang sempurna untuk menghindari infeksi bakteri.

2. Susu dan olahannya

Bunda suka minum susu? Yuk teruskan kebiasaan baik ini di usia kehamilan trimester pertama. Susu bisa menjadi asupan sumber kalsium yang sangat baik untuk ibu hamil. Dikutip dari Healthline, kalsium diperlukan ibu hamil untuk perkembangan tulang dan gigi janin.

3. Sayur dan buah

Dilansir Parenting First Cry, konsumsi sayuran dan buah menjadi salah satu asupan penting bagi ibu hamil. Jenis sayuran yang baik dikonsumsi misalnya bayam, kale, brokoli dan tomat.

Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil, termasuk pada usia kehamilan trimester pertama. Untuk buah, Bunda bisa memilih alpukat, pisang, semangka dan mangga.

Ilustrasi wanita hamil makan jeruk atau buahIlustrasi wanita hamil makan jeruk atau buah. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Valeriy_G)

4. Gandum dan biji-bijian lainnya

Dikutip dari Medical News Today, gandum menjadi salah satu pilihan biji-bijian yang baik dikonsumsi ibu hamil. Ini karena gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik.

5. Buah kering

Selain buah segar, buah kering juga bisa menjadi pilihan ideal untuk memenuhi nutrisi Bunda di trimester pertama. Terutama untuk dijadikan menu camilan sehat. Buah kering seperti kismis mengandung mineral seperti zat besi dan kalium yang dibutuhkan ibu hamil.

Yuk Bunda lebih perhatikan lagi pemilihan menu diĀ trimester pertama ini!

Simak juga cerita dokter hamil 7 bulan rawan pasien corona dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi