sign up SIGN UP search


kehamilan

Jangan Diabaikan, Ini 5 Trik Penanganan Depresi Postpartum

Kinan Sabtu, 25 Jul 2020 14:13 WIB
Asian Mother nursery feeding bottle of formula milk to newborn baby in bed suffering from post natal depression. Health care single mom motherhood stressful concept. caption
Jakarta -

Setelah melahirkan, sebagian wanita rentan mengalami depresi postpartum. Ini merupakan kondisi depresi yang seringkali membuat emosi jadi tak terkendali. Bisa menjadi marah, mudah menangis, dan bahkan cemas berlebihan.

Jika tidak segera dikendalikan, depresi postpartum bahkan dapat membuat ibu justru enggan mengurus bayinya.

Depresi postpartum bahkan bisa berujung pada risiko bunuh diri apabila tidak dikendalikan dengan baik. Keterbukaan komunikasi dengan pasangan atau keluarga pun menjadi penting.


Selain itu, ada beberapa trik penanganan depresi postpartum yang bisa dilakukan:

1. Konsumsi obat antidepresan

Dikutip dari Parents, obat antidepresan memiliki efek langsung pada otak, dengan mengatur senyawa kimia yang berhubungan dengan suasana hati. Namun konsumsi obat antidepresan hanya bisa dilakukan dari resep dokter berdasarkan hasil pemeriksaan.

Terlebih jika Bunda sedang menyusui, sebaiknya tidak sembarangan meminum obat antidepresan, ya.

2. Skin-to-skin dengan bayi

Mendekatkan diri dengan bayi menjadi salah satu penanganan depresi postpartum yang ampuh. Terlepas dari Bunda menyusui atau memberi susu formula, skin-to-skin dengan bayi dapat membantu meningkatkan ikatan yang ada.

Dilansir Medical News Today, manfaat lain dari skin-to-skin yakni mengurangi stres dan membuat tidur lebih rileks.

3. Konsumsi asupan sumber omega-3

Asam lemak omega-3 banyak terdapat pada ikan berminyak seperti salmon. Konsumsi asupan ini diketahui dapat membantu meredakan stres dan menjaga pikiran tetap rileks lho, Bunda.

4. Tidur siang

Jika memungkinkan, sediakan waktu untuk tidur siang, ya. Stres dan depresi postpartum sangat mudah terjadi ketika ibu baru kurang istirahat. Mintalah bantuan pada anggota keluarga lain untuk menjaga bayi selama Bunda tidur siang.

There's nothing better than a lie in. Woman sleeping in bed.Jangan Diabaikan, Ini 5 Trik Penanganan Depresi Postpartum. (Foto: iStock)

5. Jangan lupa tetap beraktivitas di ruang terbuka

Cukup paparan sinar matahari dan udara segar di ruang terbuka secara signifikan dapat membantu meningkatkan suasana hati. Tak perlu pergi jauh, cukup jalan kaki di taman setidaknya 10-15 menit per hari, Bunda.

Apabila trik-trik tersebut masih belum cukup ampuh meredakan stres yang dialami, segera lakukan terapi pada konsultan atau kelompok pendukung, ya. Ini penting untuk saling berbagi cerita dan mengeluarkan pikiran buruk yang ada.

Simak juga perjuangan Winda 'Idol' menyusui sang buah hati saat alami darah tinggi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi