sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Cepat Hamil Saat Bunda Didiagnosis PCOS

Kinan Senin, 27 Jul 2020 08:00 WIB
Patient couple having doctor or psychologist consulting on marriage counseling, family medical healthcare therapy, fertility treatment for infertility, or psychotherapy session concept caption
Jakarta -

Saat didiagnosis dengan PCOS alias polycystic ovary syndrome, peluang kehamilan seringkali dianggap akan menurun. Ya, kondisi ini membuat faktor hormonal dalam tubuh berubah dan seringkali memengaruhi kesuburan, Bunda.

Jika Bunda terdiagnosis dengan PCOS, ada kok beberapa cara cepat hamil yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluangnya. Yang terpenting, jangan lupa tetap rutin konsultasi dan patuhi anjuran dari dokter.

Dokter biasanya akan memberikan anjuran berdasarkan hasil pemeriksaan medis. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 5 cara cepat hamil saat didiagnosis PCOS:


1. Diet sehat

Makan makanan yang sehat merupakan salah satu perubahan gaya hidup yang penting bagi wanita dengan PCOS. Ini disebabkan oleh adanya kerentanan terhadap berat badan berlebih dan masalah regulasi insulin.

Beberapa penelitian telah mengklaim bahwa diet rendah karbohidrat adalah salah satu diet yang baik untuk wanita dengan PCIS. Pastikan diet Bunda kaya akan nutrisi seperti protein, serta hindari makanan tinggi gula dan junk food.

2. Konsumsi obat-obatan

Beberapa wanita dengan PCOS seringkali membutuhkan obat-obatan untuk mengobati kondisi atau meningkatkan peluang hamil. Namun untuk konsumsi obat-obatan, pastikan Bunda hanya mengonsumsinya dari resep dokter, ya. Hindari sembarangan minum obat karena dikhawatirkan justru mengganggu kesehatan kesuburan. Demikian dilansir Very Well Family.

3. Mengatur siklus haid

Salah satu cara lain untuk meningkatkan peluang hamil adalah dengan mengatur siklus haid. Untuk hal ini, dokter mungkin akan meresepkan pil KB yang mengandung hormon estrogen dan progestin buatan. Pil ini diyakini dapat membantu mengatur siklus haid dengan mengurangi produksi androgen.

Namun konsumsi obat ini akan dievaluasi lebih lanjut. Jika Bunda tidak dapat menoleransi jenis pil KB kombinasi ini, dokter mungkin merekomendasikan pil KB dengan kandungan progestin saja. Semua bergantung pemeriksaan dokter dan respons tubuh Bunda.

Woman protecting health , menstruation days , laying on a calendar with the selected daysIlustrasi mengatur siklus haid. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

4. Prosedur bayi tabung

Langkah lain untuk meningkatkan peluang hamil saat didiagnosis PCOS yakni dengan teknik IVF (in vitro fertilization). Pada teknik ini, akan digunakan obat kesuburan yang disuntikkan untuk merangsang ovarium.

5. Setop merokok dan jaga berat badan tetap ideal

Dikutip dari Web MD, gaya hidup sehat termasuk berhenti merokok, tidak minum minuman beralkohol, olahraga teratur dan menjaga berat badan ideal sangat efektif untuk membantu meningkatkan peluang hamil. Tidak terkecuali pada wanita dengan PCOS.

Simak juga Bunda cara cepat hamil ala dr. Reisa dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi