sign up SIGN UP search


kehamilan

Seberapa Lama Bunda Bisa Hamil Setelah Berhenti Minum Pil KB?

Asri Ediyati Selasa, 28 Jul 2020 16:59 WIB
ilustrasi hamil caption
Jakarta -

Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang paling populer untuk mencegah kehamilan. Pil ini bekerja dengan memberikan hormon yang mencegah pembuahan sel telur.

Selain dapat mencegah kehamiln, bonusnya pil KB dapat membantu mengobati jerawat dan fibroid di rahim nih, Bunda. Namun, harus jeli melihat kandungan di dalamnya ya.

Ada berbagai jenis pil dengan jumlah hormon yang bervariasi. Untuk pencegahan kehamilan, pil memiliki tingkat kemanjuran yang tinggi ketika diminum setiap hari, dan pada waktu yang bersamaan.


Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi ketika Bunda berhenti minum pil KB? Menurut bidan pendidik Debra Sullivan, PhD, MSN, RN, CNE, COI, jawabannya tergantung pada siklus menstruasi.

Seberapa cepat Bunda bisa hamil? Dokter kandung Brian Levine, MD, MS, FACOG menggarisbawahi bahwa hamil tidak sama dengan kemampuan Bunda untuk hamil.

"Banyak wanita bingung tentang seberapa cepat kesuburan mereka kembali setelah menghentikan pil KB. Ini karena ada banyak informasi yang salah di luar sana," ungkapnya, dikutip dari Very Well Health.

Jika Bunda pernah mendengar bahwa dibutuhkan setidaknya tiga bulan bagi tubuh untuk mulai berovulasi lagi setelah berhenti mengonsumsi pil KB, ini tidak benar. Bagi sebagian besar wanita, ovulasi akan dimulai dalam beberapa minggu, meskipun itu bisa memakan waktu satu hingga tiga bulan.

ilustrasi pil KBilustrasi pil KB/ Foto: thinkstock

"Tidak ada alasan medis untuk menunggu tiga bulan sebelum mencoba hamil setelah menghentikan pil KB. Bersiaplah bahwa kesuburan Anda dapat kembali dalam bulan pertama setelah menghentikan pil KB," papar Levine.

Jadi, setelah Bunda setop konsumsi pil KB maka tubuh akan bersiap untuk mengalami kesuburan lagi. Lalu, apakah aman untuk langsung hamil setelah tak lama menghentikan pil KB?

Mengutip dari WebMD, hal ini aman dilakukan, Bunda. Para ahli awalnya berpikir bahwa wanita memiliki risiko keguguran yang lebih tinggi jika mereka hamil tak lama setelah menghentikan konsumsi pil kontrasepsi. Tetapi penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa aman untuk hamil.

Apakah perlu tunggu menstruasi dahulu baru terasa aman untuk hamil? Tak perlu, Bunda. Beberapa wanita tidak mendapatkan menstruasi selama beberapa bulan setelah menghentikan kontrasepsi hormonal. Itu karena bentuk-bentuk pil KB ini memengaruhi keseimbangan hormon, dan mungkin butuh beberapa saat bagi tubuh untuk kembali ke kondisi normal.

Akan tetapi, Bunda bisa hamil sebelum menstruasi. Bahkan, jika Bunda mulai berovulasi tepat setelah menghentikan kontrol kelahiran, dan melakukan hubungan seks tanpa kondom, Bunda mungkin hamil, yang jelas akan mencegah mengalami menstruasi

Simak juga video soal pil KB melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi