sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil Perlu Tahu, Cara Mencegah Tertular COVID-19 di Era New Normal

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 30 Jul 2020 14:18 WIB
Asian pregnant woman with mask look at mobile phone and sit on sofa in living room of her house with soft light. Hamil di masa pandemi corona/ Foto: iStock
Jakarta -

Hamil di tengah pandemi Corona ngeri-ngeri sedap ya, Bunda. Selain harus ekstra menjaga kesehatan, Bunda pun perlu mempersiapkan dana ekstra untuk persalinan nanti.

Meskipun penelitian mengungkap belum ada bukti ibu hamil lebih rentan terinfeksi COVID-19, tapi enggak boleh lengah ya. Melansir laman Hackensack Meridian Health, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, saat ini sulit untuk mengetahui apakah wanita hamil memiliki peluang lebih besar untuk sakit akibat Covid-19 daripada masyarakat umum atau apakah mereka cenderung memiliki penyakit serius sebagai hasilnya.

"Biasanya, wanita yang hamil mengalami perubahan dalam tubuh mereka yang dapat meningkatkan risiko beberapa infeksi," kata Manuel Alvarez, M.D, ketua departemen Obgyn di Hackensack University Medical Center.


Sedangkan menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, wanita hamil tampaknya jadi lebih mudah terserang penyakit. Wanita hamil juga berisiko lebih tinggi mengalami morbiditas dan mortalitas parah dari infeksi pernapasan lain seperti flu, sehingga mereka harus dianggap sebagai populasi berisiko COVID-19.

"Tetapi tampaknya ibu hamil tidak terlalu rentan terhadap COVID-19, seperti dikarenakan usia atau kondisi seperti paru-paru atau penyakit jantung," ujar Dr Jane van Dis, seorang obgyn yang menjabat sebagai medical director at the telemedicine network Maven, dikutip dari Business Insider.

Feet of new born Baby in Hands of parentsIbu hamil di era new normal/ Foto: Getty Images/iStockphoto/

Meski demikian, kekhawatiran tersebut sebaiknya disikapi secara wajar dalam menghadapi era new normal. Hal terpenting, semua orang termasuk para ibu hamil melakukan apa yang mereka bisa untuk melindungi diri dari penyakit.

Dalam hal ini, ibu hamil dapat mengambil jarak sosial dengan orang lain, mempraktikkan kebersihan yang sangat baik, dan menghindari siapa pun yang tampak sakit.

Selain itu, ibu hamil juga harus melanjutkan kunjungan pranatal mereka tetapi dengan mempertimbangkan untuk melakukannya secara virtual untuk beberapa pertemuan, kata van Dis.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk asupan alami untuk menaikkan imunitas tubuh selama pandemi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi