sign up SIGN UP search


kehamilan

Berat Badan Ibu Hamil Turun Selama Pandemi Corona, Harus Bagaimana Ya?

Muhayati Faridatun Kamis, 16 Jul 2020 15:43 WIB
Hipertensi pada Ibu Hamil caption
Jakarta -

Pandemi Corona yang belum berakhir ini memang bikin cemas ya, Bunda. Terlebih bagi ibu hamil yang mengkhawatirkan kandungannya. Ini bisa menyebabkan stres, bahkan berat badan ibu hamil malah turun.

Idealnya kan berat badan ibu hamil mengalami kenaikan seiring bertambah usia kandungan. Kalau mengalami penurunan berat badan, ibu hamil harus bagaimana ya? Inilah yang dicemaskan bunda Ratna dari Semarang, Jawa Tengah.

"Apa saja yang harus diwaspadai jika ternyata ibu hamil justru mengalami penurunan berat badan selama masa pandemi ini?" tanya bunda Ratna, saat Kuliah WhatsApp HaiBunda: Menjaga Imunitas Saat Hamil di Era New Normal, Rabu (15/7/2020).


Bunda yang sedang hamil 29 minggu ini juga menanyakan, bagaimana cara manajemen stres yang dihadapi ibu hamil selama pandemi. Apalagi dengan segala keterbatasan di berbagai aspek yang ia jalani.

Pertanyaan Bunda Ratna lalu dijawab oleh dr.Ruswantriani, Sp.OG, yang akrab disapa Tria, dari RSU Bunda Jakarta. Berikut selengkapnya:

Kalau turun berat badan, yang harus dievaluasi apakah bisa makan, apakah ada mual muntah berlebih, atau kualitas makannya kurang baik, karena ibu hamil itu kan harusnya weight gain (berat badan naik), yang ditakutkan nutrisi ke baby juga kurang.

Jangan terlalu banyak mendengar berita di luar, bisa berbagi cerita dengan teman-teman, dan jangan lupa support system juga butuh dari suami, orang tua atau pun mertua, semangat ya.

Nah, Bunda Ratna juga bertanya, bagaimana cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat selama pandemi Corona, dan setelah kondisi ini berakhir. Begini jawaban dokter Tria:

Dimulai dari keluarga, ajak suami dan anak-anak menerapkan pola hidup bersih dan sehat, sehingga lama-lama ya menjadi kebiasaan.

Bunda, simak juga yuk cerita dokter hamil 7 bulan menangani pasien Corona, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi