sign up SIGN UP search


kehamilan

Cobain Yuk Bunda, 7 Tes Kehamilan Secara Alami

Haikal Luthfi Rabu, 16 Sep 2020 12:02 WIB
Gynecological Examination, Pregnancy Test, Adult, Adults Only Cobain Yuk Bunda, 7 Tes Kehamilan Secara Alami/ Foto: iStock
Jakarta -

Meskipun ada beberapa cara atau alat tes kehamilan, ternyata masih ada beberapa wanita yang melakukan tes kehamilan sendiri lho Bunda, dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur.

Dan tak sedikit dari ibu hamil alias bumil mengacu pada pengobatan tradisional yang dapat memberikan hasil yang baik. Sebab, juga mampu bekerja dengan mendeteksi tingkat HCG (human chorionic gonadotropin) atau hormon kehamilan dalam urine.

Banyak dari tes kehamilan alami ini dianggap sangat berguna karena mudah dilakukan dengan bantuan beberapa alat yang tersedia di rumah. Apalagi sebagian besar bahan-bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan.


Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa bahan alami yang memungkinkan Bunda untuk mengidentifikasi tanda-tanda kehamilan, antara lain:

Cuka

Mungkin ini adalah bahan termurah untuk melakukan tes kehamilan. Cuka dipercaya bisa membantu menguji kehamilan. Banyak wanita telah melaporkan bahwa tes ini sangat akurat.

Selain itu, bahan cuka tidak berbahaya sehingga tak perlu khawatir untuk mencobanya. Mengutip Times of India, tes kehamilan dengan menggunakan cuka mengharuskan mencampur cuka putih dengan urine.

Cara mengujinya:

  • Ambil dua sendok makan atau setengah cangkir cuka putih, tuang ke dalam wadah steril.
  • Kemudian campur dengan urine Bunda dan aduk dengan benar.
  • Tunggu tiga hingga lima menit, jika cuka berubah warna menandakan positif hamil namun jika tidak berubah warna maka artinya negatif.

Gula

Stevia and Stevia sweetenergula/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dirkr

Gula telah digunakan untuk menguji kehamilan sejak jaman dahulu dan merupakan tes kehamilan alami yang paling umum dilakukan. Mengutip What to Expect, tes kehamilan ini melibatkan penggabungan urine dengan gula untuk mengetahui apakah hamil atau tidak.

Penggunaan gula diklaim seperti tes kehamilan pada umumnya yang dapat mendeteksi keberadaan hormon hCG, Bunda. Dipercaya bahwa hormon hCG tidak akan membuat gula larut dalam urine.

Cara mengujinya:

  • Ambil sekitar satu sendok makan gula dalam wadah steril.
  • Tambahkan urine ke dalam wadah.
  • Perhatikan bagaimana gula bereaksi setelah dicampur. Jika gula menggumpal, maka positif hamil. Sebaliknya, jika tidak menggumpal, hasilnya negatif

Garam

Sama seperti gula, garam juga bisa dijadikan bahan untuk tes kehamilan. Langkahnya pun sama, dengan mencampur urine bersamaan dengan garam.

Cara mengujinya:

  • Ambil sekitar satu sendok makan garam lalu tuangkan ke dalam wadah
  • Tambahkan urine ke dalam wadah.
  • Jika garam menggumpal, menandakan positif. Jika tidak, hasilnya negatif.

Sampo

Sampo diketahui bisa bereaksi dengan hCG pada wanita saat hamil. Membuat tes kehamilan dengan sampo cukup mudah. Mengutip Medlife, Bunda hanya perlu menyiapkan air, sampel urine yang telah diambil, dua tetes sampo, dan wadah bersih.

Cara mengujinya:

  • Campurkan urine dan dua tetes sampo ke dalam wadah bersih. Jangan kocok campuran tersebut karena dapat menyebabkan buih.
  • Jika shampo tidak bereaksi, menandakan tidak hamil. Namun, jika berbuih atau berbusa, berarti positif hamil.

Pasta gigi

Seperti yang diketahui, pasta gigi digunakan untuk membersihkan gigi, tapi juga dapat digunakan sebagai konduktor tes kehamilan.

Mengutip What to Expect, tes kehamilan pasta gigi melibatkan penambahan beberapa tetes urine ke sedikit pasta gigi. Reaksi kimia yang dihasilkan konon yang menjadi indikasinya meskipun tidak masuk akal secara ilmiah.

Cara mengujinya:

  • Tuang pasta gigi hingga memenuhi wadah.
  • Tambahkan beberapa tetes urine.
  • Aduk campuran pasta gigi dan urine.
  • Perhatikan apakah pasta gigi berbusa atau berubah warna. Jika berubah menjadi warna dan berbusa, maka hal tersebut menandakan positif hamil. Jika tidak bereaksi, maka tidak hamil.

Pemutih

Pemutih juga dapat digunakan untuk menentukan apakah Bunda hamil atau tidak. Mengutip Mom Junction, hormon hCG dikatakan dapat bereaksi terhadap pemutih dan membuat busa dalam sampel urine. Namun, protein yang berlebihan dalam urine tanpa hormon kehamilan juga dapat menyebabkan reaksi tersebut.

Karena pemutih adalah bahan kimia yang berpotensi berbahaya, ada baiknya berhati-hati untuk menggunakannya dengan aman, Bunda. Kenakan sarung tangan dan masker saat menggunakan pemutih.

Cara mengujinya:

  • Tambahkan satu cangkir pemutih ke dalam wadah bersih.
  • Tambahkan sampel urine ke dalam pemutih.
  • Tunggu tiga hingga lima menit.
  • Jika terdapat reaksi buih atau desis, menandakan hamil dan jika tidak ada buih berarti Anda tidak hamil

Daun dandelion

Daun ini merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk tes kehamilan. Hormon hCG dipercaya bereaksi pada daun ini.

Daun dandelion familiar dengan sebutan seperti blowball dan white endive yang merupakan salah satu tumbuhan dari famili bunga matahari yang sangat berkhasiat.

Cara mengujinya:

  • Ambil beberapa daun dandelion segar dan letakkan di atas wadah, jauh dari sinar matahari langsung.
  • Tuang urine ke seluruh daun untuk merendamnya.
  • Tunggu setidaknya 10 menit dan periksa apakah ada lepuh merah pada daun. Kalau ada lepuh merah berarti Bunda positif hamil, jika tidak ada berarti sebaliknya.

Apakah tes kehamilan ini berhasil?

Melakukan tes model ini adalah cara non-medis untuk menebak apakah seseorang hamil atau tidak. Bahkan, para profesional dan peneliti kesehatan sejauh ini belum menyelidiki keefektifan sebagian besar bahan yang digunakan untuk melakukan tes kehamilan tersebut.

"Tes kehamilan seperti ini dapat memberikan hasil sama dengan tes yang terpercaya. Namun, hasil kedua metode tidak bisa menunjukkan tes kehamilan ini akurat," kata praktisi kesehatan holistik, Debra Rose Wilson, Ph.D, dilansir daru HealthLine.

Jadi, jika Bunda ingin melakukan eksperimen tes dengan bahan-bahan yang telah dijabarkan di atas boleh-boleh saja. Meski begitu, ada baiknya untuk memastikan dengan alat tes kehamilan yang dijual di pasaran atau melakukan cek ke dokter kandungan secara langsung.

Simak juga Bunda, tidak sadar sedang hamil dr. Reisa loncat dari kapal pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi