sign up SIGN UP search


kehamilan

Habbatussauda Punya Banyak Manfaat, Amankah Dikonsumsi Bumil?

Annisa Afani Senin, 07 Sep 2020 19:14 WIB
Fakta Menarik Jintan Hitam caption
Jakarta -

Habbatussauda yang punya nama ilmiah Nigella sativa ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, Bunda. Namun sebagai obat herbal, apakah habbatussauda boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Habbatussauda yang juga dikenal sebagai biji atau jintan hitam ini memang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan herbal, Bunda. Tanaman berbunga dari Asia barat daya dan Mediterania ini sekarang tumbuh di Asia Barat, Timur tengah, hingga Eropa.

Meski begitu, ahli gizi bersertifikat, Cathy Wong mengatakan bahwa uji klinis tentang Nigella sativa terkait dampaknya bagi kesehatan masih kurang.


"Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa bijinya menjanjikan untuk pengobatan," katanya, dikutip dari Very Well Family.

Manfaat habbatussauda

Minyak habbatussauda mengandung timokuinon, yakni senyawa antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri dan kemungkinan sifat antikanker. Habbatussauda bisa dimanfaatkan dengan mengonsumsi minyaknya dalam bentuk kapsul atau mengoleskannya secara topikal.

Minyaknya pun dapat digunakan sebagai olesan untuk pijat, sampo, sebagai bahan tambahan produk perawatan kulit, serta wewangian. Sebagai obat herbal, Habbatussauda ini dikenal dapat menyembuhkan berbagai jenis masalah kesehatan, Bunda.

Mengutip beberapa sumber berikut manfaat dari habbatussauda untuk kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit, seperti:

1. Asma

Dikutip dari WebMD, penelitian menunjukkan mengonsumsi habbatussauda bersamaan dengan obat asma dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada beberapa penderita asma, Bunda. Tetapi tampaknya hal ini hanya bekerja dan berlaku pada orang dengan fungsi paru-paru yang sangat rendah sebelum pengobatan.

2. Diabetes

Menurut penelitian, mengonsumsi habbatussauda dapat meningkatkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Meskipun obat herbal ini mungkin tidak bekerja sebaik metformin obat diabetes, Bunda.

3. Tekanan darah tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda dapat mengurangi tekanan darah dalam jumlah kecil.

4. Infertilitas

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak habbatussauda dapat meningkatkan jumlah sperma dan membantu meningkatkan kesuburan.

5. Nyeri payudara

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel yang mengandung minyak habbatussauda ke payudara selama siklus menstruasi bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri di payudara.

6. Melawan kanker

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa habbatussauda memiliki potensi melawan kanker payudara, kandung kemih, serviks dan prostat. Penelitian itu menunjukkan bahwa timokuinon menghambat penggandaan sel kanker dan dalam beberapa kasus membunuh sel kanker.

7. Meredakan peradangan

Dalam beberapa kasus, peradangan menjadi respons kekebalan normal yang bantu melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. Di sisi lainnya, peradangan yang kronis dipercaya berkontribusi pada berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, dan jantung, Bunda.

Dengan habbatussauda, dikutip dari HealthLine, peneliti menemukan bahwa obat herbal yang memiliki efek antiinflamasi yang amat baik bagi tubuh. Dengan mengonsumsi 1.000 miligram (mg) minyak habbatussauda setiap hari dalam seminggu dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif lho, Bunda.

Sementara itu, beberapa penelitian terbatas menunjukkan bahwa habbatussauda mungkin memiliki potensi mengobati penyakit alzheimer dan kolesterol tinggi. Habbatussauda juga diyakini bisa mengatasi migrain, artritis reumatoid, demam alergi serbuk bunga, kejang, eksim, sakit maag, batuk, gangguan menstruasi, obesitas, sakit kepala, flu, meningkatkan kekebalan tubuh.

Kendati demikian, tidak ada cukup bukti ilmiah untuk mengetahui secara pasti apakah habbatussauda bisa membantu pengobatan sejumlah kondisi tersebut.

Amankah mengonsumsi habbatussauda saat hamil?

Dengan banyaknya manfaat yang diyakini dari habbatussauda, mungkin sebagian ibu hamil tertarik untuk mengonsumsinya. Misalnya, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi flu dan sakit kepala atau maag.

Mengonsumsi habbatussauda selama kehamilan tampaknya aman dalam jumlah terbatas. Contohnya, dikonsumsi sebagai bumbu dalam masakan atau digunakan sebagai obat topikal atau oles. Namun bagi yang memiliki alergi, tes dahulu sebelum dicoba ke kulit ya, Bunda.

Sementara bila dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak untuk pengobatan, mungkin habbatussauda tidak aman. Habbatussauda dikhawatirkan justru bisa memperlambat atau menghentikan kontraksi rahim dan pembekuan darah.

Karena itu hati-hati dalam penggunaan, terutama bagi ibu hamil. Pasalnya, tidak banyak yang diketahui tentang keamanan penggunaan habbatussauda, Bunda.
Adapun efek samping yang mungkin timbul saat mengonsumsi herbal ini selain alergi, mungkin bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti sakit perut sembelit, dan muntah. Nah, untuk menghindari efeknya, ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba untuk mengonsumsinya, ya.

"Bagi yang ingin mencoba habbatussauda, terutama bagi wanita hamil, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya," ujar Wong.

Bunda, simak juga ragam herbal untuk atasi flu anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi