sign up SIGN UP search


kehamilan

Ingin Cepat Hamil? Ketahui Manfaat Habbatussauda untuk Kesuburan

Haikal Luthfi Senin, 29 Mar 2021 20:13 WIB
Nigella sativa (Black cumin) on wooden spoon and essential oil. Real oil from nigella looks like dark honey caption
Jakarta -

Habbatussauda adalah salah satu obat herbal yang dikenal juga sebagai jintan hitam, Bunda. Ini merupakan jenis tanaman rempah yang umumnya tumbuh di berbagai daerah di dunia khususnya di timur tengah.

Dalam sejarahnya, habbatussauda telah digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi kesehatan. Penggunaannya telah ada sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu. Bahkan, menurut beberapa sumber, ini ditemukan oleh arkeolog di makam Raja Tut.

Senyawa yang ada di dalamnya telah dikaitkan dengan beberapa manfaat bagi kesehatan. Mengutip Healthline, ini sering digunakan untuk menurunkan berat badan, mengobati asma, dan, kondisi lainnya yang dijabarkan sebagai berikut:


1. Menurunkan berat badan

Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak habbatussauda dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh (BMI) pada individu dengan obesitas, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2.

2. Mengobati asma

Asma adalah kondisi kronis di mana lapisan saluran udara Anda membengkak dan otot-otot disekitarnya mengerut, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.

Kandungan timokuinon dalam habbatussauda merupakan senyawa aktif yang dapat membantu mengobati asma dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot-otot di saluran napas.


3. Tinggi antioksidan

Habbatussauda mengandung tinggi antioksidan, yang mana senyawa ini dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Antioksidan penting untuk kesehatan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa mereka dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari kondisi seperti penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan kanker.

4. Mengurangi kadar kolesterol

Minyak habbatussauda telah diteliti terkait keefektifan potensinya dalam mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

Tekanan darah dan kadar kolesterol total dan LDL (jahat) yang tinggi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Studi pada 90 orang dengan kadar kolesterol tinggi mengamati bahwa mengonsumsi 2 sendok teh atau 10 gram minyak habbatussauda setelah sarapan selama 6 minggu secara signifikan mengurangi kadar kolesterol LDL.

Manfaat habbatussauda untuk kesuburan

Nigella sativa (Black cumin) on wooden spoon and essential oil. Real oil from nigella looks like dark honeyMinyak habbatussauda/ Foto: Getty Images/iStockphoto/piotr_malczyk

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata tanaman dengan nama ilmiah Nigella sativa ini juga memiliki manfaat untuk kesuburan.

Seperti yang diketahui, kesuburan erat kaitannya dengan kehamilan, Bunda. Dengan meningkatkan kesuburan merupakan cara ampuh agar cepat hamil. Tidak hanya dari sisi wanita, tetapi dari pria juga.

Dalam hal ini kesuburan pria sangat berpengaruh pada terjadinya kehamilan wanita. Secara umum penyebab ketidaksuburan berasal dari faktor rendahnya kualitas air mani pada pria. Sehingga menghasilkan jumlah sperma yang rendah pula.

Dilansir dari laman Stanford Children Health, masalah sperma merupakan penyebab paling umum dari kemandulan pria. Hal ini bisa terjadi jika sperma mungkin belum matang, berbentuk tidak normal, atau tidak bisa bergerak menuju ovum.

Habbatussauda diketahui memiliki manfaat untuk kesuburan pria. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak habbatussauda dapat meningkatkan jumlah sperma dan membantu meningkatkan kesuburan.

Misalnya dalam penelitian berjudul Effects of Nigella Sativa L. Seed Oil on Abnormal Semen Quality in Infertile Men pada tahun 2014 menunjukan bahwa asupan harian minyak habbatussauda selama dua bulan meningkatkan kualitas air mani yang tidak normal pada pria infertil tanpa efek samping.

Senada dengan itu, mengutip laman WebMD, faktor infertilitas pria ini dapat membuat wanita kesulitan untuk hamil atau mencoba untuk hamil. Sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi minyak habbatussauda demi meningkatkan jumlah sperma pada pria yang mengalami ketidaksuburan.

Dengan demikian, habbatussauda bisa menjadi alternatif obat mujarab yang bisa Bunda rekomendasikan untuk Ayah. Mengingat manfaat yang ditimbulkan baik dari sisi kesehatan maupun kesuburan.

Nah Bunda, semoga bermanfaat ya!

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi