sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Cara Mengecilkan Perut Usai Melahirkan, Menyusui hingga Cukup Minum

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 27 Oct 2020 08:05 WIB
Young Mom Meditating With Baby On Arms, Practicing Yoga At Home, Free Space caption

Jakarta - Perut masih buncit setelah melahirkan kadang suka bikin enggak pede ya, Bunda? Nah, jangan sampai berlarut-larut dibiarkan ya, Bunda. Yuk, kikis lemak yang membandel sesegera mungkin agar Bunda makin percaya diri.

Setelah sembilan bulan bersahabat dengan perut yang membuncit, proses melahirkan pun menjadi masa perpisahan untuk si perut buncit. Rahim yang semula meregang pun perlahan menyusut seiring dengan waktu.

Sayangnya, ketika rahim perlahan kembali ke ukuran normal, urusan perut menjadi pekerjaan berikutnya yang perlu diatasi. Sisa-sisa lemak yang menempel dan terasa mengganggu rasanya ingin segera ikut dikikis.


"Yang tersisa pasca kehamilan merupakan kombinasi lemak, kulit berlebih, dan otot perut yang melar," ujar Alyssa Dweck, MD, seorang obgyn, seperti dikutip dari laman Womenshealthmag.

Dweck mengatakan, pada faktanya tidak semua wanita bisa mendapatkan kembali perut seperti kondisi sebelum hamil setelah melahirkan. Tetapi, apapun genetika Bunda, apa yang dimakan dan cara bergerak dapat membuat perbedaan besar dalam meminimalkan sisa-sisa lemak usai melahirkan.

Melansir Betteroff, menemukan cara mengecilkan perut pasca kehamilan merupakan prioritas utama bagi banyak ibu baru. Tetapi, pada kenyataannya akan jauh lebih sulit daripada yang dibayangkan untuk mendapatkan hasil efektif.

Perlu Bunda tahu, biasanya lemak kehamilan dikenal membandel, bahkan lebih dari lemak perut biasa. Sehingga, seringkali sulit sekali untuk menghilangkannya secara tuntas.

Namun, jika Bunda serius untuk segera mengikisnya, berikut ini beberapa tips cara mengecilkan perut usai melahirkan yang dapat dicoba:

1. Kurangi asupan gula

Tips pertama ini akan membuat perbedaan besar pada lemak perut Bunda. Cobalah untuk mengurangi asupan gula atau hentikan sama sekali. Pilihlah gula alami yang sehat yang Bunda temukan dalam buah-buahan dan cobalah untuk menghindari gula tambahan.

2. Menyusui sebisa mungkin

Salah satu cara paling sederhana untuk membantu mengurangi berat badan setelah kehamilan ialah menyusui. Apalagi, di bulan-bulan awal setelah melahirkan, ASI membakar kalori ekstra untuk membantu Bunda memproduksi ASI. Artinya, berat badan akan turun lebih cepat daripada wanita yang tidak menyusui.

3. Berolahraga

Satu atau dua bulan pertama setelah kelahiran adalah masa penting dalam menghilangkan lemak perut secara esktra. Untuk membantu mempercepat penurunan berat badan saat hamil, pastikan berolahraga secara konsisten.

Cobalah melakukan 30 menit kardio, setidaknya tiga kali seminggu atau sebisa yang Bunda mampu lakukan. Latihan ini akan berdampak paling baik untuk beberapa minggu pertama. Setelah itu, coba tingkatkan intensitasnya jika Bunda merasa sanggup. Bunda bisa mencoba latihan beban, latihan ketahanan, dan latihan penguatan inti yang dapat membantu mencairkan lemak jauh lebih cepat.

4. Tetap terhidrasi

Sebanyak 55 persen hingga 70 persen tubuh terdiri dari air. Jadi, kehilangan cairan akan dapat berdampak besar bagi tubuh. Terutama setelah kehamilan, penting sekali tetap terhidrasi untuk menurunkan berat badan.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut secara efektif yang dapat Bunda coba. Tetap semangat melakukannya untuk mendapatkan hasil maksimal ya, Bunda. 

Bunda, simak gerakan yang bantu mengecilkan perut dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi