sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah Pasca Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 14 Oct 2020 20:36 WIB
Shot of a young woman eating a bowl full of salad on her sofa at home 4 cara mengecilkan perut usai melahirkan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Jakarta - Perut yang ramping tanpa lemak jadi idaman banyak orang. Tapi, rasanya sulit mewujudkannya setelah melahirkan si kecil. Hmm, bagaimana ya, cara mengecilkan perut dengan mudah setelah hamil dan melahirkan.

Resep terbaik untuk mengecilkan perut pasca melahirkan, sebenarnya Bunda hanya perlu mengurangi keinginan perut atau nafsu makan yang meningkat selama hamil. Sangat penting membiasakan diri untuk mengurangi makan di masa menyusui.

Cara terbaik melakukannya yakni dengan membagi makanan menjadi dua atau tiga bagian, dan makan dalam porsi kecil yang sering. Pastikan juga Bunda makan perlahan dan menahan lapar. Tubuh pun dengan sendirinya akan mulai terbiasa dengan semakin sedikit makanan. Frekuensi kemudian menjadi lebih penting daripada kuantitas, seperti dikutip dari laman Yogafit.


"Sebagian besar orang yang kelebihan berat badan sangat mengkhawatirkan lemak di area perut karena itulah yang mereka lihat dan rasakan secara fisik,"ujar Louise Parker, seorang pakar kebugaran dan nutrisi.

Sayangnya, sambung Parker, tidak ada jalan pintas untuk membuat perut yang lebih rata dan lebih ramping. Tetapi, hal tersebut dapat terwujud dengan beberapa upaya disiplin yang dilakukan, seperti dikutip dari laman Mirror.

Nah, bagi Bunda yang juga ingin mengecilkan perut usai melahirkan si kecil. Berikut ini cara mengecilkan perut pasca melahirkan secara efektif yang bisa dilakukan di rumah:

1. Berhenti melakukan sit up

Latihan sit up hanya akan memperkuat otot perut, tetapi tidak akan membakar lemak perut yang menutupi perut Bunda. 

2. Makan sehat

Bunda bisa berlatih keras dan membentuk otot perut. Tetapi, jika setiap hari Bunda mengonsumsi junk food, lemak perut tidak akan hilang. Berhentilah makan makanan olahan. Dan beralihlah ke makanan sehat, seperti dikutip dari laman Stronglifts.

3. Batasi karbohidrat

Karbohidrat memang dibutuhkan untuk meningkatkan energi. Masalahnya, kebanyakan orang makan lebih banyak karbohidrat daripada yang mereka butuhkan. Tubuh akan menyimpan karbohidrat yang tidak dibutuhkannya sebagai lemak. Dan, inilah yang membuat lemak perut bertumpuk.

4. Diet protein

Tubuh akan membakar lebih banyak protein daripada yang memproses karbohidrat dan lemak. Itulah mengapa diet protein tinggi bekerja sangat baik untuk membakar lemak perut. 

Nah, itulah cara mengecilkan perut dengan mudah yang bisa dicoba ya, Bunda. Semoga bermanfaat!

Bunda, simak juga yuk resep langsing Lenna Tan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi