sign up SIGN UP search


kehamilan

Kamar Bersalin di Turki Bak Hotel, YouTuber RI Beruntung Cuma Bayar Rp3,6 Juta

Asri Ediyati Sabtu, 17 Oct 2020 11:14 WIB
Isti Ve Musab caption
Jakarta -

Kabar bahagia datang dari Isti Alqadri, YouTuber Indonesia yang menetap di Istanbul bersama suaminya yang berdarah Turki, Musab Duzenli. Belum lama ini, Isti melahirkan anak pertamanya, seorang anak perempuan yang diberi nama Aycil Daneen Duzenli.

Isti melahirkan di sebuah rumah sakit swasta yang hanya dua menit dari rumahnya, Bunda. Ia mengaku, beruntung karena selain dekat rumah, biaya melahirkan di sana relatif murah. Padahal, fasilitas rumah sakitnya lengkap dan dokternya bisa berbahasa Inggris.

"Bersih bagus, dokternya juga bisa Bahasa Inggris dan harganya terjangkau," kata Isti dalam video YouTube-nya, dikutip Sabtu (17/10/2020).


Menurut Musab, ia hanya membayar 1.800 Lira (mata uang Turki) atau kurang lebih Rp3,6 juta saja. Isti kebetulan juga saat itu mengatakan bahwa ia diperkirakan akan melahirkan normal.

"Kalau di rumah sakit negeri, kita free tanpa biaya apapun. Tapi swasta juga bisa potong asuransi. Jadi aslinya lahiran normal 2.200 (Turki Lira, kurang lebih Rp4,3 juta)," kata Isti.

"Ini tuh termasuk menginap 3 hari di sini. Kalau dari kita mau nambah hari itu tambah biaya. Tapi kalau dari dokter yang minta tambah misal kondisi ibunya memungkinkan seminggu (dirawat) nih. Nah, itu termasuk biaya tadi," ujarnya.

Isti dan Musab pun melakukan mini room tour, tampak fasilitasnya memang seperti hotel, Bunda. Ada lemari, kulkas satu pintu, kamar mandi yang bersih, dan memiliki sofa untuk suami yang menemani. Selain itu, suami yang menemani juga mendapat makanan dari rumah sakit.

"Tamu yang nemenin bumil itu dikasih makanan dan bumil enggak boleh makan," ucap Isti.

Selang 9 jam dari registrasi, Isti pun melahirkan anaknya dengan normal. Setelah Isti melahirkan, Musab pun curhat ia kelelahan dan hanya tidur 2 jam, sementara istrinya hanya 1,5 jam.

Wajar ya, jadi orang tua baru pasti melelahkan ya, Bunda. Namun, dari video tampak keduanya sudah sangat siap dan telaten merawat bayi.

Ya, beberapa waktu lalu, ketika Isti masih hamil, HaiBunda berkesempatan untuk ngobrol tentang persiapan melahirkan di Turki.

Isti mengaku memang sudah mempersiapkan 'bekal' untuk masa nifasnya jauh sebelum melahirkan.

"Yang paling-paling Isti persiapkan di masa nifasnya. Jadi pas setelah melahirkan. Jadi dari sekarang tuh sudah nulis menu-menu masa nifas. Mulai ajarin suami gimana masakin ini, masak segala macam," kata Isti.

"Ini yang bakal agak berat karena Isti di sini (Turki) sendiri, mertua juga enggak bisa bantu banyak karena menu masakan beda. Isti pengennya selama masa nifas tuh masak makanan Indonesia. Jadi dari sekarang mulai ajarin dan sodorin resep-resep Indonesia buat suami," tuturnya.

Isti juga menjelaskan bahwa selama hamil, ia juga mengandalkan ilmu merawat bayi dari internet. Bagaimana cara membedong, memandikan, menggendong. Bahkan, Isti mengaku sudah belajar dan cari tahu tentang menu MPASI untuk bayinya kelak begitu sudah mencapai 6 bulan.

Wah, selamat ya Isti dan suami atas kelahiran bayinya!

Simak juga cara Turki redam kasus COVID-19:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi