sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Persiapan Penting agar Persalinan Normal Berjalan Lancar

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 15 Oct 2020 21:02 WIB
pregnant wife and smiling husband preparing suitcase for hospital caption

Jakarta - Memasuki minggu-minggu persalinan, tentunya banyak hal yang harus Bunda persiapkan. Mulai dari persiapan mental hingga fisik harus siap siaga agar membantu memperlancar persalinan.

Apalagi jika Bunda berencana mempersiapkan persalinan normal nih, harus memperhatikan beberapa hal ini agar lancar dan membantu mempercepat proses bukaan lahir.

"Bagi Bunda dengan kehamilan yang sehat dan tidak mengalami komplikasi atau kondisi kronis, Bunda pun menjadi kandidat yang baik untuk mencoba melahirkan normal,"ujar Robyn Horsager, M.D, seorang obgyn, seperti dikutip dari laman Utswmed


Dalam proses persalinan normal, beberapa Bunda kerap memilih menggunakan epidural atau gabungan dari spinal-epidural. Ada juga Bunda yang melahirkan normal dengan bantuan obat penghilang rasa sakit yang terbatas atau tanpa obat. Alasannya, mereka ingin menghindari potensi rendah yang terkait dengan epidural.

Namun, ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk beberapa ibu hamil. Karena, menjalani epidural biasanya hanya disarankan jika ibu hamil berisiko tinggi dan membutuhkan operasi caesar. 

Selain itu, Bunda mungkin juga dianggap berisiko tinggi jika memiliki kondisi jantung, preeklamsia, atau diabetes, atau jika memiliki bayi kembar atau bayi dalam posisi sungsang.

Untuk itu, sebelum melahirkan normal, ada baiknya memang Bunda berkonsultasi dengan dokter dan mempersiapkan segala kebutuhannya sejak jauh-jauh hari.

Misalnya saja dengan membuat rencana melahirkan normal bersama dengan dokter Bunda. Bunda pun dapat menentukan di rumah sakit mana nantinya akan melewati persalinan normal.

Kemudian, Bunda juga perlu menemukan pendukung atau doula yang dapat membantu kelancaran Bunda saat melahirkan normal. Serta, ada baiknya Bunda mendapatkan informasi mengenai persalinan jauh sebelum melahirkan normal tersebut Bunda lewati seperti mengambil kelas persalinan. 

Semakin banyak  tahu mengenai seluk beluk melahirkan normal, maka Bunda pun akan semakin siap. Ingat ya, Bunda, setiap persalinan itu unik dan terkadang segala sesuatunya tidak berjalan persis seperti yang direncanakan. Bunda pun perlu bersiap untuk situasi apa pun. 

Melansir Whattoexpect, persiapan melahirkan normal yang perlu dilakukan yakni diantaranya:

1. Buat rencana kelahiran sehingga Bunda memiliki pemahaman yang sama tentang bagaimana idealnya pembukaan akan segera terjadi.

2. Menyiapkan perlengkapan bayi dan melahirkan di tas khusus untuk persiapan kelahiran.

3. Kunjungi rumah sakit atau pusat persalinan tempat Bunda ingin melahirkan.

4. Pelajari beberapa posisi persalinan yang umum.

5. Bacalah tentang dasar-dasar menyusui, karena kemungkinan besar Bunda dapat langsung mencobanya setelah bayi lahir.

6. Ketahui tanda-tanda melahirkan normal sehingga Bunda akan tersadar ketika bayi siap untuk meluncur.

7. Ketahui tahapan kelahiran normal yakni persalinan di mana terdiri dari tiga fase, yaitu persalinan awal, persalinan aktif, dan persalinan transisi. Kemudian, ketahui juga cara mendorong dan melahirkan bayi. Ini adalah saat serviks Bunda mencapai bukaan sepanjang 10 cm. Serta, tahapan pengiriman plasenta. Pada tahap akhir ini, Bunda akan terus mengalami kontraksi ringan saat tim medis membantu Bunda melahirkan plasenta bayi Bunda. 

Itulah beberapa yang perlu Bunda persiapkan saat ingin melahirkan normal ya, Bunda. Semoga infonya bermanfaat, Bunda! 

Bunda, simak juga yuk beberapa pijatan yang bisa membantu memperlancar persalinan seperti dijelaskan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



 

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi