sign up SIGN UP search


kehamilan

Menguak Gizi Susu Kambing Etawa untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaatnya?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 05 Feb 2021 18:41 WIB
Mengambil Manfaat Susu Kambing Etawa Selama Kehamilan
ilustrasi ibu hamil minum susu caption

Jadi, kalaupun susu murni dapat menjadi bagian dari asupan harian jika dokter Bunda menganjurkannya. Namun, berhati-hatilah karena kehamilan tidak menuntut kelebihan lemak. Jumlah lemak yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih.

Dari dua tipe susu tersebut, Bunda pun dapat memilih susu yang Bunda sukai. Termasuk salah satunya susu kambing.

Meski tidak terlalu populer, sebenarnya susu kambing bergizi tinggi, Bunda. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan protein dan lemak yang lebih tinggi, kalori tinggi, dan butiran lemak mentega yang lebih kecil, serta jumlah vitamin B2 yang lebih tinggi.


Susu kambing juga memiliki lebih banyak asam lemak esensial seperti asam linoleat dan asam arakidonat, kandungan vitamin A yang lebih tinggi di mana dapat langsung diserap tubuh. Susu kambing juga mengandung vitamin B2 dalam jumlah yang baik sehingga dapat merangsang produksi antibodi dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

"Protein susu kambing juga lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi sehingga dapat terhindar dari masalah pencernaah. Sehingga, susu kambing cocok dikonsumsi saat hamil," ujar Dr Patrick Chia, seorang Fetal Medicine Specialist, seperti dikutip dari laman Karihome.

Meski demikian, secara umum banyak ibu lebih sering memilih untuk minum susu sapi karena paling banyak tersedia dan lebih ramah biaya. Namun, mengonsumsi susu kambing pun dapat menjadi pilihan lain untuk mendapatkan manfaat lebih ya, Bunda.

Susu kambing dapat dipertimbangkan menjadi asupan harian karena mengandung kalsium dan vitamin D lebih tinggi dibandingkan susu hewani lainnya. Susu kambing juga diketahui mengandung lemak susu alami yang lebih kecil dari susu sapi sebesar 1/3 ukurannya. Sehingga, tak heran jika susu kambing lebih mudah dicerna dan diserap tubuh.

Nah, tak perlu ragu lagi ya, Bunda, untuk mengonsumsi susu kambing untuk mendapatkan manfaat selama kehamilan. Jika masih ragu, tak ada salahnya selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Semoga sehat selalu, Bunda.

 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi