sign up SIGN UP search


kehamilan

Tak Terlalu Populer, Ini Manfaat Susu Kambing untuk Ibu Hamil

Haikal Luthfi Senin, 25 Jan 2021 18:54 WIB
Pregnant woman drinking glass of milk copy space. Young expectant lady enjoying healthy drink. Healthcare, nutrition, vitamins, pregnancy concept caption
Jakarta -

Susu menjadi sumber nutrisi yang baik karena mengandung beragam gizi yang menyehatkan bagi tubuh. Tidak hanya susu sapi saja, terdapat juga susu yang berasal dari kambing, Bunda.

Susu kambing adalah salah satu jenis susu yang paling banyak dikonsumsi. Meski tidak terlalu populer, kandungan gizi pada susu kambing tidak kalah dengan susu sapi, bahkan lebih baik.

Mengutip Healthline, susu kambing lebih baik dibandingkan dengan susu sapi, terutama dalam hal kandungan protein. Satu cangkir susu kambing mengandung 9 gram protein. Disamping itu, susu kambing juga lebih kental dan lebih lembut ketimbang susu sapi.


Manfaat susu kambing juga dirasakan bagi kesehatan. Tak jarang penggunaannya diperuntukkan untuk pengobatan, pemeliharaan kesehatan, dan membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit, Bunda. Mengutip WebMD, manfaat tersebut meliputi:

Mudah dicerna

Ketimbang dengan susu sapi, susu kambing memiliki lebih banyak protein. Diketahui, protein dalam susu kambing tampaknya lebih mudah dicerna, artinya tubuh dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

Selain itu, lemak dalam susu kambing lebih kecil, yang merupakan salah satu alasan mengapa susu kambing lebih mudah dicerna. Dalam sebuah studi, mekanisme pencernaan protein dalam susu kambing ditemukan setara dengan asi susu ibu atau ASI.

Tidak memicu alergi

Tak sedikit orang yang alergi dengan susu sapi. Diketahui susu kambing memiliki sedikit lebih rendah laktosa daripada susu sapi. Sebuah penelitian menemukan satu dari empat bayi yang alergi susu sapi ternyata tidak alergi susu kambing.

Oleh karena itu, ini dapat menjadi alternatif bagi orang yang alergi terhadap laktosa susu sapi. Meski ini sebetulnya bukan jaminan, karena sama-sama memiliki laktosa. Untuk lebih aman dianjurkan menggunakan susu nabati yang bebas laktosa.

Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada penderita darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di arteri dan kandung empedu. Hal Ini dapat membantu orang dengan kadar kolesterol tinggi untuk mengontrol kadar kolesterol mereka.

Mengenal Hokkaido Milk, Susu Jepang yang Creamy dan Kaya RasaIlustrasi susu kambing/ Foto:iStockphoto

Manfaat susu kambing untuk ibu hamil

Semua kalangan dapat mengonsumsi susu kambing, tak terkecuali ibu hamil. Susu merupakan bagian penting dari pola makan yang seimbang selama kehamilan, sebab ini memberikan sejumlah kalsium, protein, dan vitamin untuk memastikan kehamilan dan pertumbuhan janin yang sehat.

"Anda tidak bisa mengalahkan susu dengan kombinasi protein, karbohidrat, vitamin, dan mineralnya," kata Natalie B. Allen, seorang ahli gizi dilansir dari laman The List. "Tulang bayi berkembang paling pesat pada trimester terakhir, jadi tambahkan segelas susu setiap hari, terutama saat kehamilan berlanjut."

Susu kambing memiliki kandungan aneka nutrisi yang kandungannya bermanfaat bagi ibu hamil apabila dikonsumsi dengan jumlah yang cukup. Dikutip dari laman Momjunction, dibandingkan dengan susu sapi, ini memiliki kandungan protein, lemak, dan vitamin B2 yang lebih tinggi.

Kandungan lemak dalam susu kambing membantu pencernaan dan mempercepat proses metabolisme, serta vitamin B2 untuk merangsang produksi antibodi, sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin A yang tinggi dapat langsung diserap oleh tubuh, serta kalsium dalam susu kambing yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan janin. Satu cangkir susu kambing utuh memberikan 134 miligram (mg) kalsium.

Yang terpenting ibu hamil harus memastikan jika susu yang dikonsumsi sudah melalui proses pengolahan yang baik, misalnya sudah melewati proses pemanasan atau telah dipasteurisasi, Bunda.

Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat merekomendasikan agar ibu hamil menghindari makanan yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi.

Pasteurisasi sendiri adalah proses di mana susu dipanaskan pada suhu tinggi yang bertujuan untuk menghancurkan patogen dan enzim yang dapat merusak susu saat disimpan lama.

Mengonsumsi susu mentah tanpa melalui proses pengolahan yang benar justru berisiko meningkatkan beberapa penyakit bawaan makanan seperti listeriosis, Bunda.

Oleh sebab itu, Bunda ada baiknya mengonsumsi susu yang telah diolah dengan baik, agar dapat terhindar dari infeksi yang bisa membahayakan bagi ibu hamil dan bayi di kandungannya.

Simak juga Bunda, manfaat dan gizi susu kambing etawa pada video berikut:

 

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi