sign up SIGN UP search


kehamilan

Dear Bunda, Perhatikan Jadwal Berhubungan Intim agar Cepat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 02 Feb 2021 13:58 WIB
ilustrasi test pack caption

Bicara kehamilan, tidak semua pasangan dapat dengan mudah meraih kehamilan. Adakalanya, perjalanan pernikahan yang mengarungi belasan tahun pun belum sukses dikaruniai kehamilan.

Kehamilan memang sedianya tak semudah yang dibayangkan ya, Bunda. Seringkali, sebagian pasangan merasa kesulitan mendapatkannya. Memang, ada berbagai faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam meraih kehamilan. Tidak saja menyoal kesuburan wanita tetapi juga mengenai waktu yang tepat berhubungan intim dengan pasangan.

Untuk mengoptimalkan kesuburan Bunda, merawat tubuh dengan baik menjadi langkah awal yang perlu dilakukan. Saran terbaik untuk dilakukan bagi Bunda yang ingin hamil ialah bagaimana Bunda mengenal tubuh Bunda sendiri khususnya siklus menstruasi Bunda setiap bulan, kata Dr Mary Ellen Pavone, spesialis endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Chicago, seperti dikutip dari laman Live Science.


"Penting untuk mengetahui seberapa jauh jarak siklus Bunda sehingga Bunda dapat mengatur waktu hubungan seksual dengan lebih akurat untuk mencoba hamil," kata Pavone.

Bunda juga perlu memantau ovulasi di mana biasanya pada siklus teratur ovulasi terjadi 12 hingga 16 hari sebelum dimulai menstruasi berikutnya. Bunda dapat memprediksi ovulasi ini dengan melacak lendir serviks pada area intim Bunda.

Biasanya, tepat sebelum ovulasi terjadi, jumlah lendir meningkat dan menjadi lebih tipis. Selain itu, lendir juga lebih jernih dan lebih licin. Ketika lendir serviks menjadi lebih licin, inilah yang dapat membantu sperma menuju sel telur. 

Bunda dan pasangan juga dapat berhubungan intim dua hari sekali pada masa subur tersebut guna meningkatkan kemungkinan peluang kehamilan yang didapatkan. Dengan berhubungan seks dua hari sekali tentunya akan lebih mudah dilakukan.

Melansir WebMd, bagi Bunda dan pasangan yang mencoba hamil, jangan mengkhawatirkan tentang posisi hubungan intim terbaik untuk hamil. Sebab, sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa posisi misionaris lebih baik daripada wanita yang berada di atas dalam hal memaksimalkan peluang untuk memiliki kehamilan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga tips cepat hamil ala dr.Reisa Broto Asmoro, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Skandal TWOTM SulutFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
Jadwal berhubungan agar cepat hamil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi