sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui Bunda, 8 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil beserta Efeknya

Haikal Luthfi Selasa, 13 Apr 2021 15:50 WIB
Fresh Mangosteen Fruit on Wooden Table. caption
Jakarta -

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi seperti halnya buah-buahan, Bunda. Sebab, ini banyak mengandung serat, air, antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin C, kalium, dan asam folat.

Salah satu buah yang bisa Bunda coba adalah manggis. Ya, buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan agak asam, serta mempunyai segudang manfaat lho. Mengutip buku berjudul Buah Ajaib Tumpas Penyakit tahun 2013, kandungan xanthone pada buah manggis memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel atau menghambat proses degenerasi sel yang menghambat penuaan.

Selain itu, sebuah penelitian dari Jepang menemukan bahwa xanthone bersifat anti diabetik. Mangiferin sebagai salah satu komponen dari xanthone yang mampu menurunkan kadar gula darah pada percobaan dengan kasus diabetes mellitus tipe 2.


Hasilnya, mangiferin dapat dijadikan sebagai antidiabetik dengan cara menurunkan resistensi insulin, Bunda.

"Meskipun manggis bentuknya tidak jelas, buah ini menawarkan banyak manfaat kesehatan, seperti kaya nutrisi, serat, dan antioksidan," kata ahli nutrisi Ansley Hill RD, LD, dikutip dari Healthline.

Banner Menu Sahur

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Buah manggis tidak dimungkiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun mungkin Bunda bertanya-tanya, bolehkah mengonsumsi buah manggis selama kehamilan?

Ya, buah manggis aman dikonsumsi saat hamil. Kandungan nutrisi buah, seperti mineral, vitamin, dan asam folat yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin serta melindungi bayi dalam kandungan dari cacat lahir, kelainan, dan malnutrisi.

Adapun secara rinci beberapa manfaatnya seperti dirangkum dari laman Momjunction dan Stysatlife sebagai berikut:

Purple mangosteen or Garcinia mangostana, known simply as mangosteen. Wood background.Buah manggis/ Foto: iStock

1. Mengatur kadar glukosa

Manfaat manggis dapat dijadikan obat yang efektif untuk mengatasi diabetes secara alami. Sifat menguntungkan di dalamnya membantu mengatur kadar glukosa dalam darah yang secara efektif dapat melindungi Bunda dari efek bahaya diabetes. Sehingga ini dapat mengurangi risiko diabetes selama kehamilan.

2. Mencegah anemia

Buah manggis juga dikenal dapat mencegah anemia. Kekayaan zat besi, asam folat, vitamin B12, dan banyak khasiat obat lainnya, membantu mengatur sel darah, sehingga mencegah anemia.

3. Mencegah risiko cacat lahir

Manggis mengandung asam folat dalam jumlah yang baik. Kandungan ini memainkan peran penting dalam mencegah risiko kelainan tertentu, seperti cacat lahir pada otak dan tulang belakang pada bayi yang belum lahir. Jadi, makan manggis selama kehamilan dapat melindungi janin dari risiko kelainan.

4. Meningkatkan pertumbuhan bayi

Manggis merupakan sumber mineral mangan yang kaya dan merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk proses pembentukan tulang rawan dan sistem kerangka pada janin.

Buah manggis dapat meningkatkan pertumbuhan bayi yang belum lahir. Satu cangkir jus manggis segar selama kehamilan memberi Bunda sekitar 0,2 mg mangan. Selain itu, sifat antioksidan manggis juga melindungi ibu dan janin dari kerusakan sel.

5. Meningkatkan kekebalan

Vitamin C pada manggis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meminimalkan risiko tertular infeksi berbahaya yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan selama kehamilan.

Selain itu, vitamin juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang juga meningkatkan elastisitas kulit demi membantu Bunda mengakomodasi janin yang sedang tumbuh selama kehamilan.

6. Membantu pencernaan

Buah manggis bagus untuk pencernaan menjadi lebih baik. Ini memiliki jumlah kandungan serat yang pas yang akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh, Bunda.

Studi mengungkapkan bahwa lebih dari separuh wanita hamil menderita masalah sembelit saat hamil. Sehingga dianjurkan untuk makan manggis segar yang dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat sembelit selama kehamilan.

Satu cangkir buah memberi sekitar 3,5 gram serat yang membantu melancarkan buang air besar. Selain itu, serat dalam manggis jufa dapat meminimalkan risiko komplikasi kehamilan seperti preeklamsia.

7. Mencegah tuberkulosis

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan buah manggis selama kehamilan akan menghambat dan membunuh Mtb atau Microbacterium tuberculosis, satu-satunya bakteri penyebab tuberkulosis.

8. Memiliki sifat antikanker

Seperti yang diketahui, manggis mengandung xanthone, merupakan senyawa yang memiliki sifat anti kanker.

Senyawa ini ditemukan dalam buah manggis yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh selama kehamilan, Bunda. Sehingga, ini melindungi Bunda dan bayi bahaya dari efek penyakit mematikan.

Efek samping buah manggis

Tentunya buah yang satu ini tidak terlepas dari efek yang ditimbulkannya, Bunda. Buah manggis memang kaya akan nilai gizi yang sangat cocok untuk kesehatan ibu hamil.

Namun, ada efek samping tertentu dan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini. Sebab, seseorang mungkin bisa mengalami insomnia, masalah perut, sakit atau mual, dan pusing saat makan buah manggis.

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi