sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Manfaat Menakjubkan Buah Naga untuk Ibu Hamil, Bunda Perlu Tahu

Haikal Luthfi Jumat, 02 Oct 2020 07:07 WIB
buah naga caption
Jakarta -

Buah naga adalah salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat. Sebab, buah yang satu ini sangat mudah ditemukan di beberapa wilayah beriklim tropis, Bunda.

Sesuai namanya, kulit luar buah naga berbentuk seperti kaktus, menyerupai sisik naga yang merupakan jenis hewan mitologi. Dianggap sebagai tanaman kaktus, warnanya yang hijau cerah dan merah muda kemerahan menunjukkan bahwa buah naga penuh dengan nutrisi, sedangkan daging putih krem yang berbintik-bintik dengan biji hitam memberi banyak khasiat yang kaya dan alami.

Buah naga memiliki banyak manfaat yang potensial bagi kesehatan. Mengutip WebMD, berikut ini beberapa manfaat buah naga:


Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan

Kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas ataupun molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.

Membuat kenyang lebih lama

Secara alami bebas lemak dan tinggi serat. Itu menjadi camilan yang baik karena dapat membantu membuat kenyang lebih lama di antara waktu makan.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Buah naga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Para peneliti mengatakan buah naga mungkin sebagian karena menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas yang membuat insulin, hormon yang membantu tubuh untuk memecah gula.

Membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit

Mengandung probiotik, yang merupakan nutrisi yang memberikan makan bakteri sehat yang disebut probiotik di dalam usus. Memiliki lebih banyak probiotik dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat.

Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria. Bakteri ini dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Mereka juga membantu mencerna makanan.

Memperkuat kekebalan tubuh

Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan lain yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan kadar zat besi

Buah naga juga dapat meningkatkan kadar zat besi. Ini penting untuk memindahkan oksigen ke seluruh tubuh dan memberi energi. Vitamin C dalam buah naga membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan zat besi.

Pitaya cut in half on black backgroundBuah naga/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ansonmiao

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata buah naga juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil karena manfaatnya yang besar, Bunda. Manfaat buah naga bagi ibu hamil, antara lain sebagai sumber nutrisi yang lengkap karena buah naga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B dan C, mineral dan serta zat besi.

Dikutip dari laman Mom Junction, buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil serta aman dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Satu buah naga berukuran rata-rata dapat memiliki berat 350 hingga 400 gram (gr). Idealnya, wanita hamil disarankan mengonsumsi sedikitnya 200 gram buah dalam sehari, Bunda.

Di samping itu, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), buah naga bebas kolesterol dan bebas lemak. Satu porsi 100 gram buah naga dapat memberikan nutrisi yang dapat membantu kebutuhan kehamilan, Bunda, sehingga ini sangat menyehatkan.

Adapun beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi buah naga selama masa kehamilan, meliputi:

1. Mencegah anemia

Anemia kehamilan menjadi salah satu potensi yang bisa membahayakan ibu dan bayi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah zat besi dalam darah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung zat besi dan vitamin C yang tinggi, salah satunya terdapat dalam buah naga.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah naga memiliki efek signifikan terhadap kadar hemoglobin dan kadar eritrosit pada ibu hamil. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui manfaat lebih jauh dari buah ini.

2. Mengatasi sembelit

Mengutip Healthify, salah satu manfaat kesehatan terbesar buah naga adalah dapat meningkatkan kesehatan usus, yang dapat menghasilkan pencernaan yang sehat, Bunda. Buah naga kaya akan kandungan serat yang membantu merangsang pencernaan yang baik dan sehat. Per 100 gram buah naga mengandung sekitar 2,5 gram serat, yaitu 11 persen dari nilai harian (DV).

Dengan demikian, buah naga dapat menjadi sumber serat makanan yang baik serta dapat membantu meringankan sembelit. Memiliki serat makanan dapat membantu membuang racun dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

3. Menangkal radikal bebas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa efek antioksidan dari buah naga dapat mencegah kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh paparan asap rokok yang berdampak pada ibu dan bayi. Sehingga dapat menolak kerusakan lebih lanjut, dan tidak dapat merangsang makrofag alveolar, yang merupakan sel kekebalan tubuh.

Wanita hamil yang terpapar asap rokok bisa berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah lho Bunda.

4. Sumber asam folat

Seperti yang diketahui, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya asam folat. Kandungan ini sangat erat kaitannya dengan kesuburan wanita dan kehamilan.

Biasanya asam folat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti buah dan sayuran, Bunda. Buah naga ternyata juga mengandung asam folat yang penting untuk mendukung perkembangan otak janin serta kalsium yang dapat menyokong pembentukan tulang janin.

Nah, itulah beberapa manfaat buah naga yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin selama kehamilan, Bunda bisa menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit dengan cara alami dan tentunya sangat nikmat.

Selamat mencoba ya, Bunda!

Simak juga Bunda, menu diet jus buah naga pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi