sign up SIGN UP search


kehamilan

Membaca Surat Yusuf Saat Hamil Bisa Jadi Ibadah Bulan Ramadhan

Annisa Karnesyia Minggu, 18 Apr 2021 13:21 WIB
Young Muslim woman praying in mosque with Quran. caption
Jakarta -

Di bulan Ramadhan ini, banyak amalan bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala. Salah satunya adalah kewajiban menjalankan ibadah puasa, Bunda.

Bunda yang sedang hamil boleh memilih tidak puasa ya. Ibu hamil dan menyusui masuk dalam kelompok orang yang diberikan keringanan selama bulan Ramadhan.

Meski begitu, Bunda tetap bisa mendapatkan pahala dari ibadah lain, seperti sholat dan berdoa. Dilansir buku Fiqih Shiyam Ramadhan oleh Tim Ulin Nuha Ma'had Aly An-Nuur, di bulan Ramadhan, terbuka pintu surga karena banyak amal saleh yang bisa dikerjakan dan ada motivasi kuat untuk mengerjakannya.


Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Selain itu, pintu neraka juga akan ditutup karena sedikitnya pelaku maksiat. Setan juga akan dibelenggu sampai berakhirnya Ramadhan.

"Ramadhan adalah bulan paling utama dan manusia dibukakan dengan ketaatan di dalamnya," demikian kata tim penulis.

Salah satu doa yang bisa Bunda baca selama bulan Ramadhan adalah Surat Yusuf. Dikatakan bahwa dengan membaca surat ini, Bunda akan melahirkan anak laki-laki tampan dan saleh.

Dalam buku Agar Momonganmu Cantik dan Tampan: Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam Bagi Ibu Hamil oleh Ana Syafaratin, dikatakan bahwa Surat Yusuf diambil dari nama Nabi Yusuf yang ternama ketampanannya. Di dalam Al-Qur'an, surat Yusuf berada di urutan ke-12 dengan total 111 ayat, dan termasuk Surat Makkiyah.

Pokok isi Surat Yusuf yakni tentang keimanan, termasuk kesalehan, hukum-hukum, kisah riwayat Nabi Yusuf, dan sifat-sifat yang menjadi suri tauladan.

Sebenarnya, tidak ada dalil yang menganjurkan Bunda untuk membaca surat ini saat hamil. Namun, tidak ada pula dalil yang melarangnya. Jadi, Bunda tetap diperbolehkan membaca surat ini saat hamil ya.

"Allah SWT dan Rasul-Nya pun tidak pernah memerintahkannya, baik secara tersurat maupun tersirat. Begitu pula para sahabat juga tidak pernah mencontohkan demikian," tulis Ana.

Membaca Surat Yusuf saat menjalani kehamilan dan di bulan Ramadhan tetap bisa dilakukan sebagai bentuk ibadah. Ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat membaca Surat Yusuf agar keinginan kita terkabul.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga cara indah mengajak keluarga berpuasa Ramadhan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KETENTUAN MEMBACA SURAT YUSUF
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi