sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Mengganti Puasa Ramadhan bagi Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Mutiara Putri Minggu, 11 Apr 2021 11:40 WIB
Islamic mother and newborn baby in the hospital. caption
Jakarta -

Bulan Ramadhan hampir tiba nih, Bunda. Sudah saatnya Bunda dan keluarga menyiapkan diri dan menyambut bulan penuh Rahmat ini.

Saat Ramadhan, seluruh umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa, Bunda. Namun ternyata, ada beberapa golongan orang yang diperbolehkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa, lho.

Salah satu golongan yang dikecualikan adalah Bunda yang sedang hamil dan sedang menyusui, nih. Namun, bukan berarti Bunda sudah meninggalkan tanggung jawab, ya.


Bunda yang sedang hamil dan menyusui memang tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun, Bunda wajib menggantinya dengan fidyah, nih.

Banner nasi tak cepat basi

Menurut Ustazah Lailatis Syarifah, Lc., M.Ag, Bunda hamil dan menyusui termasuk ke dalam golongan yang mendapat keringanan. Namun, perlu menggantinya dengan membayar fidyah.

"(Ibu hamil dan menyusui) termasuk yang mendapat keringanan dengan cara menggantinya dengan membayar fidyah memberi makan orang miskin," jelas Ustazah yang kerap disapa Latis, saat HaiBunda Live beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Ustazah Latis juga menjelaskan bagaimana cara Bunda yang hamil dan menyusui mengganti puasanya, nih. Ia menjelaskan ada banyak pendapat yang berbeda, Bunda.

"Setelah dibaca oleh ulama terkini, ditarik kesimpulan mengapa berbeda pernyataannya ulama dahulu? Ya karena tadi, ayatnya (hadist) itu umum," jelas Ustazah Latis.

"Maka ada hadist atau pernyataan dari Ibnu Abbas itu yang mengkhususkan atau menjelaskan yang hadist tadi yang umum. Yang seperti yang ia katakan pada hamba sahaya-nya, 'kamu seperti yang yutiiquuna (orang yang berat berpuasa), kamu bayar fidyah saja, kamu tidak perlu bayar qada," sambungnya lagi.

Lantas bagaimana jika Bunda yang sedang menyusui tapi tetap ingin menjalankan puasa? Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video kiat olahraga ketika Bunda berpuasa berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

HUKUM UNTUK BUNDA MENYUSUI YANG INGIN BERPUASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi