sign up SIGN UP search


kehamilan

Siap-siap! Seperti Ini Tanda Melahirkan Pembukaan 1 hingga 10

Kinan Jumat, 16 Apr 2021 11:40 WIB
Pregnant woman starting to feel pain and contractions while her worried husband driving a car. She is ready to give birth in a car. caption

Setelah menjalani masa kehamilan selama 9 bulan, sesaat lagi tiba waktunya untuk bertemu si Kecil. Bunda pun wajib mengetahui tanda-tanda melahirkan pembukaan 1 hingga 10 agar tak keliru.

Dikutip dari What to Expect, proses persalinan dimulai dengan kontraksi rahim. Kondisi ini dirasakan berbeda-beda pada tiap wanita. Ada yang nyeri hebat, ada pula yang merasakan nyerinya secara bertahap.

Sebagian wanita juga memiliki proses melahirkan yang singkat, tapi ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama. Bahkan bisa sampai berhari-hari.


Intinya, setiap bunda hamil memiliki cerita unik masing-masing dalam melewati proses persalinan.

Berikut tanda-tanda melahirkan mulai dari pembukaan 1 hingga 10 yang umumnya dirasakan:

Pembukaan 1

Tahap pertama tanda melahirkan pembukaan 1 yakni saat leher rahim mulai melebar. Ukurannya kira-kira sudah 1 cm. Ini bisa terjadi pada hitungan hari atau bahkan pekan sebelum persalinan dimulai.

Namun demikian, ada juga wanita yang mengalami pembukaan 1 langsung tepat pada saat proses persalinan.

Biasanya waktu yang lebih lama pada tahap ini dialami oleh Bunda yang baru kali pertama melahirkan.

Pembukaan 2

Semakin membesar, lebar pembukaan serviks pada tahap ini sudah bertambah menjadi sekitar 2 cm.

Di waktu ini, bunda hamil akan mulai mengalami kontraksi palsu yang datang dan pergi. Sebagian wanita juga mengeluhkan adanya kram di area perut dan nyeri punggung.

Terutama pada kehamilan anak kedua dan seterusnya, keluhan ini akan lebih terasa menyakitkan. Otot dan persendian Bunda juga mulai meregang dan bergeser sebagai persiapan untuk melahirkan.

Pembukaan 3

Pada pembukaan 3, serviks sudah terbuka kira-kira selebar 3 cm. Kontraksi semakin terasa nyeri dan Bunda perlu beristirahat untuk menyiapkan energi jelang persalinan.

Persendian tubuh di waktu ini akan terasa lebih rileks dan seperti meregang. Tak perlu khawatir, ini merupakan cara alami tubuh membuka panggul untuk mengeluarkan bayi.

Pembukaan 4

Pada tahap ini, pelebaran serviks untuk melahirkan bertambah besar menjadi 4 cm. Jika sebelumnya kontraksi palsu masih terasa belum teratur, di pembukaan 4 rasanya akan mulai rutin.

Bunda juga mungkin akan mengalami keputihan yang tampak lebih kental, bahkan mungkin disertai dengan munculnya bercak merah muda.

Jika Bunda mengalami hal ini, maka bisa menjadi tanda bahwa persalinan sudah semakin dekat.

Ilustrasi hamil atau melahirkanIlustrasi tanda melahirkan pembukaan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint)

Pembukaan 5

Pada tahap pembukaan 5, serviks sudah bertambah semakin lebar menjadi sekitar 5 cm.

Kontraksi rahim yang makin teratur juga kini terasa semakin nyeri. Kontraksi merupakan tanda awal persalinan aktif, yakni ketika Bunda merasakan tekanan saat otot-otot di rahim menegang sebagai persiapan pengeluaran bayi.

Pembukaan 6

Di waktu ini, serviks sudah terbuka sebesar 6 cm. Kontraksi semakin terasa tidak nyaman, Bunda mungkin juga sudah mulai merasa kesakitan.

Agar lebih rileks, cobalah untuk berjalan-jalan bersama suami. Jangan lupa untuk tetap makan dan minum agar tubuh tetap berenergi jelang persalinan.

Pembukaan 7

Lebar serviks semakin bertambah besar menjadi sekitar 7 cm. Jeda kontraksi terasa makin singkat, dengan nyeri yang juga semakin intens.

Jika kontraksi masih terasa sakit bagi Bunda, coba ubah posisi badan, aktif bergerak, dan lebih banyak minum air putih untuk membantu meredakannya.

Pembukaan 8

Waktunya sudah semakin dekat, salah satu tanda melahirkan pembukaan 8 yakni serviks sudah melebar jadi 8 cm. Saat ini, Bunda mungkin sudah mulai merasakan ada dorongan dari bayi untuk mengejan.

Namun demikian, bukan berarti Bunda bisa langsung mengejan saat ini, ya. Tetap ikuti arahan dari dokter atau bidan kapan diperbolehkan mengejan.

Sebab mengejan hanya bisa dilakukan ketika tanda melahirkan pembukaan sudah lengkap.

Pembukaan 9

Lebar serviks di tahapan ini sudah mencapai 9 cm. Pada masa transisi ini, dorongan dari bayi untuk dilahirkan sudah semakin kuat. Bunda mungkin akan semakin sulit untuk menahan agar tak mengejan.

Pembukaan 10

Tanda melahirkan pembukaan 10 merupakan tahapan terakhir, yakni ketika serviks sudah melebar menjadi sekitar 10 cm. Di tahap pembukaan lengkap ini, dorongan untuk mengejan rasanya mirip seperti ingin buang air besar.

Jika tahap pembukaan persalinan benar-benar sudah lengkap, dokter atau bidan akan memandu Bunda untuk mengejan. Ikuti arahan tersebut, terus mengejan sampai bayi terlahir.

Demikian ulasan tentang tahap melahirkan pembukaan 1 hingga 10. Ingatlah untuk tetap tenang dan patuhi arahan dari tenaga medis yang mendampingi. Sebisa mungkin cukupi istirahat dan makan minum supaya energi Bunda tetap stabil.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi