kehamilan

6 Tips Mengatasi Rasa Sakit Jelang Melahirkan Normal

Yuni Ayu Amida Selasa, 27 Aug 2019 08:03 WIB
6 Tips Mengatasi Rasa Sakit Jelang Melahirkan Normal
Jakarta - Rasa sakit saat melahirkan tentunya tidak bisa dihindari oleh ibu hamil. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi nyeri tersebut.

Menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr.Hari Nugroho, Sp.OG, persalinan adalah proses normal dan tubuh seorang wanita sudah dirancang untuk melahirkan. Tapi, beberapa di antaranya harus menjalani operasi caesar karena kondisi yang mengancam keselamatan bayi maupun ibu.

Selain itu, kata Hari, semua wanita memang akan merasakan nyeri saat melahirkan. Ia tegaskan, derajat nyeri tersebut dirasakan berbeda antara wanita satu dengan yang lain.


"Nyeri pada seorang wanita yang melahirkan pasti terjadi, itu tidak bisa dipungkiri. Tetapi perlu dipahami, nyeri tersebut terjadi secara normal. Tidak perlu ditakuti," pesan Hari, dilansir detikcom.

Bagi Bunda yang sebentar lagi melahirkan, jangan cemas ya lantaran membayangkan rasa nyeri. Dikutip dari Parents, berikut enam aktivitas yang bisa membantu Bunda untuk mengurangi rasa nyeri saat akan melahirkan:

1. Relaksasi

6 Tips Mengatasi Rasa Sakit Jelang Melahirkan NormalFoto: iStock


Menurut Stacey Rees, bidan perawat bersertifikat di Clementine Midwifery, Brooklyn, New York, hal terpenting yang bisa membuat rileks selama persalinan adalah pikiran kita. Ketika kita takut dan tegang, maka rasa sakit akan lebih buruk.

2. Pernapasan

Agar tetap santai, sangat penting untuk memperhatikan pernapasan. Baik saat kita menghirup napas normal, terengah-engah, atau menghirup dalam-dalam. Selama kita fokus pada napas dan melepaskannya dengan benar, maka akan merasa lega.

3. Bergerak

Berjalan, bergoyang, atau berguling di atas bola bersalin tidak hanya bisa meringankan rasa sakit, tetapi dapat membantu proses persalinan lebih mudah. Hal ini untuk melatih otot pinggul agar lebih kuat saat persalinan.

4. Mandi air hangat

Air hangat bekerja luar biasa untuk mengurangi nyeri persalinan. Aliran air hangat ini bisa membuat ibu hamil rileks, dengan sensasi seperti dipijat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, arahkan pancuran air ke bagian belakang punggung atau di bagian kontraksi terjadi.

"Rasa sakit dapat menyebabkan otot tegang di seluruh tubuh Anda, yang bahkan menciptakan ketidaknyamanan. Mandi air hangat bisa melawan respons itu," kata Marcie Richardson, M.D., Ob-gyn Harvard Vanguard Medical Associates di Boston.

5. Pijat

Meminta pasangan untuk memijat kaki, tangan, pundak, atau pelipis bisa membantu membuat rileks. Selain itu, ibu hamil juga akan merasa diperhatikan dan juga jadi support system untuk menghadapi persalinan.


6. Ikut kelas melahirkan

Dikatakan Robert Stern, M.D., ketua kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Vassar Brothers, Poughkeepsie, New York, membiasakan diri dengan tahapan persalinan dan mempraktikkan langkah-langkah kenyamanan sebelum melahirkan, bisa membantu ibu hamil mengurangi rasa cemas berlebih. Carilah kelas yang kecil dengan kurang dari sepuluh pasangan, dengan instruktur bersertifikat, dan tujuan yang sesuai dengan kita.

Simak pula tayangan soal bayi tabung ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi