sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Ibu Hamil Membaca Surat Yusuf Bisa Membuat Bayi Tampan?

Nanie Wardhani Senin, 26 Apr 2021 07:36 WIB
Joyful Pregnant Muslim Lady Using Digital Tablet Browsing Internet Sitting On Couch At Home. Pregnancy Lifestyle Concept. Arab Mother-To-Be Using Computer. Copy Space For Text caption

Jakarta - Banyak Bunda yang ingin memiliki anak-anak dengan wajah rupawan. Tampan atau cantik, dianggap sebagai berkah tersendiri untuk keturunannya kelak. Itu sebabnya, tak sedikit Bunda yang mengamalkan membaca surat Yusuf saat hamil. 

Ya, bagi Bunda yang beragama islam, ada yang meyakini bahwa pengamalan doa tertentu bisa memberikan ketampanan bagi bayi yang sedang dikandung oleh Bunda. Termasuk dengan mengamalkan bacaan Surat Yusuf.

Surat Yusuf terdiri dari 111 ayat dan diturunkan di kota Mekah. Menurut Prof. Quraish Shihab, dinamakan surat Yusuf karena memang sesuai dengan kandungan di dalamnya. Surat ini menguraikan tentang kisah Nabi Yusuf As.


Saat hamil, Bunda juga disarankan untuk berdoa dan berdzikir untuk menjaga diri selain sholat lima waktu. Nash-nash Al-Qur'an dan hadits banyak menjelaskan tentang keutamaan doa dan dzikir ini.

Banner tanaman hias pembawa hoki.Banner tanaman hias pembawa hoki./ Foto: Mia Kurnia Sari

Allah SWT berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

"Fadzkuruunii adzkurkum wasy kuruu lii wa laa takfuruun."

Artinya: "Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku. (QS. Al-Baqarah: 152).

Dalam buku Doa dan Zikir Mustajab untuk Ibu Hamil dan Menyusui ada sebuah hadits yang menyebutkan, "Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibumu selama 40 hari, kemudian berbentuk 'alaqah kemudian menjadi mudhghah, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menetapkan 4 masalah," (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Lalu, apakah membaca Surat Yusuf selama kehamilan bisa menjamin keturunan kita menjadi tampan? Ternyata dalam penjelasan dalam buku Agar Momonganmu Cantik dan Tampan, Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam bagi Ibu Hamil, ternyata keyakinan terhadap khasiat dari dua doa itu tidak lah benar.

"Karena tidak ada dalil yang menganjurkan bagi Bunda hamil untuk membaca Surat Yusuf dan Surat Maryam. Apalagi untuk tujuan diberikan anak yang tampan atau cantik," tulis Ana Syafaratin dalam bukunya.

"Allah SWT dan Rasul-Nya pun tidak pernah memerintahkannya, baik secara tersurat maupun tersirat. Begitu pula para sahabat juga tidak pernah mencontohkan demikian," tegasnya.

Membaca bacaan Al-Qur'an di sepanjang kehamilan memang hal yang bagus. Harapannya, hal itu bisa membekali si kecil dengan doa-doa terbaik dari Al-Qur'an sejak dirinya masih dalam kandungan. Namun, sebaiknya jangan meyakini bahwa doa-doa ini menjadi jaminan bahwa putra-putri yang sedang dikandung akan memiliki wajah yang tampan seperti nabiYusuf ya, Bunda.

Lalu apa saja kah bacaan doa yang bisa Bunda Hamil praktikkan selama hamil? Simak lengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda hamil, yuk kita simak juga hukum berpuasa saat sedang mengandung dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DOA-DOA YANG DIBACA SELAMA BAYI DALAM KANDUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi