sign up SIGN UP search


kehamilan

Terlambat Haid, Cari Tau Batas Normal dan Penyebabnya Yuk Bun

Meita Fajriana Rabu, 05 May 2021 13:08 WIB
Siklus Haid Batas telat haid yang diangap normal/ Foto: iStock

Jakarta- Terlambat haid tidak selalu menjadi tanda Bunda sedang hamil ya. Adakalanya, Bunda mengalami terlambat haid karena beberapa faktor. Mulai dari pengaruh hormon hingga penyakit yang harus segera dicari tahu, agar cepat diobati. Untuk itu, Bunda harus tahu batasan terlambat haid yang normal.

Jika Bunda dalam keadaan sehat, normalnya siklusnya akan mulai 30 hari setelah haid terakhir. Jika melebihi waktu, tujuh hari tanpa adanya pendarahan, hal tersebut sudah bisa dikatakan haid Bunda terlambat. 


Seperti melansir dari laman Healthline, terdapat beberapa alasan haid terlambat selain pertanda kehamilan. Bisa karena perubahan gaya hidup hingga penyakit kronis yang serius. Simak beberapa penyebab haid terlambat berikut ini ya Bunda. 


Penyebab telat haid:

1. Stres

Tubuh melakukan respon terhadap stres dan menyampaikannya ke otak. Otak adalah bagian tubuh yang mengatur semua kerja organ. Saat stres berkepanjangan, bisa merangsang otak merespon dan menyampaikan pada organ reproduksi sehingga berhenti melakukan ovulasi. Hal ini yang membuat haid datang terlambat.

2. Berat badan turun drastis

Berat badan yang turun drastis juga dapat mempengaruhi kerja hormon pada tubuh. Hormon reproduksi ini kemudian mempengaruhi siklus haid, sehingga terlambat atau bahkan berhenti untuk beberapa waktu. 

TKW Dinikahi Jenderal ArabTKW Dinikahi Jenderal Arab/ Foto: Mia Kurnia Sari

3. Menambah intensitas olahraga

Jika Bunda gemar berolahraga dan merasakan terlambat haid baru-baru ini, coba evaluasi intensitas olahraganya. Apakah Bunda melakukan gerakan yang terlalu berat atau berdurasi lama, sehingga kalori yang keluar terlalu banyak. Hal ini mempengaruhi kerja hormon reproduksi menjadi tidak seimbang, dan menjadikan haid terlambat datang. 

4. PCOS

Polycystic ovary syndrome (PCOS) yaitu sebuah kelainan akibat hormon reproduksi yang tidak seimbang. Orang dengan PCOS biasanya memiliki siklus haid yang tidak beraturan. Bisa saja haid datang lebih cepat, terlambat, atau bahkan beberapa bulan tidak haid. 

Lalu, kapan batas terlambat haid masih dikatakan normal? Simak informasinya di halaman berikut!

Ii lho, Bun, penyebab haid jadi terlambat setelah lepas KB. Klik video di bawah untuk menyimka informasinya!

[Gambas:Video Haibunda]



BATAS TELAT HAID DAN KAPAN HARUS KE DOKTER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi