sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui Berapa Lama Batas Telat Haid dan Kapan Perlu ke Dokter

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 21 Aug 2022 09:41 WIB
Asian woman hand holding calendar counting the date and checking her menstrual cycle planning for ovulation caption
Jakarta -

Bila Bunda sedang menanti kehamilan atau menjalani program hamil, salah satu tanda awal kehamilan yang paling ditunggu adalah telat haid.

Telat haid kerap dianggap sebagai tanda awal kehamilan. Memang benar kehamilan dapat jadi penyebab terlambat haid, tapi itu hanya salah satunya.

Hal yang harus disadari adalah kondisi telat haid atau menstruasi bisa saja disebabkan oleh hal lebih serius, termasuk gangguan pada kesehatan. Maka dari itu, penting ketahui batas telat haid serta kapan harus bertemu dokter.


Banner Babypedia

Padahal terlambat haid dapat disebabkan sejumlah kondisi, termasuk stres, alami kenaikan atau penurunan berat badan, mengonsumsi pil KB, sedang hamil, gangguan hormon, sampai mengidap penyakit yang serius.

Ketika alami kondisi ini, disarankan segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk ketahui penyebabnya.

Batas terlambat haid dan harus berkunjung ke dokter

Terlambat haid kerap dianggap sebagai hal sepele, karena kondisi ini memang sering terjadi dan dapat dialami semua wanita. Namun, penting untuk Bunda ketahui batas telat haid serta hal apa saja yang harus dilakukan. Jika disebabkan gangguan kesehatan, terlambat haid harus segera dapatkan tindakan medis supaya bisa terhindar dari komplikasi yang serius.

Untuk ketahui kondisi tubuh serta kemungkinan penyebab terlambat haid, coba untuk lakukan pemeriksaan dengan dokter kandungan atau Sp.OG. Nantinya, dokter akan berikan petunjuk terkait hal apa saja yang harus dilakukan ketika alami alami terlambat haid.

Penting pula untuk ketahui batas terlambat haid, sehingga mengetahui kapan harus pergi ke dokter atau rumah sakit. Sebaiknya tidak dibiarkan secara berlarut karena bisa saja ini jadi adalah tanda penyakit.

Jika terlambat haid terjadi karena kehamilan, penanganan pun harus dilakukan dengan segera untuk pastikan janin tumbuh serta berkembang baik dan kurangi resiko komplikasi kehamilan.

Pemeriksaan ke dokter perlu dilakukan apabila terlambat haid terjadi di dalam waktu yang tak wajar, misalnya terlambat haid lebih dari 90 hari.

Selain itu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter apabila siklus haid terjadi secara tak normal, pendarahan yang berlebihan, ataupun haid yang berhenti tiba-tiba. Bunda mungkin juga akan alami sejumlah gejala yang buat tubuh terasa tak nyaman. Maka dari itu, penanganan medis harus segera dilakukan.

Penyakit yang dapat memicu telat haid

Terlambat haid pun bisa disebabkan penyakit, beberapa di antaranya yakni:

1. PCOS

Polycystic ovary syndrome/PCOS atau sindrom ovarium polikistik adalah penyakit kronis seperti gangguan hormon ataupun gula darah, dan masalah tiroid.

2. Gangguan tiroid

Telat haid dapat terjadi karena kelenjar tiroid tak berfungsi secara normal. Kelenjar ini memiliki fungsi untuk atur metabolisme tubuh. Ketika ada gangguan di kelenjar tubuh, siklus menstruasi juga dapat terganggu.

Ada sejumlah gejala yang dapat dikenali sebagai tanda gangguan pada kelenjar tiroid. Misalnya:

  • Mudah merasakan lelah
  • Kenaikan atau penurunan berat badan yang terjadi secara cepat dan berubah-ubah
  • Terlalu sensitif dengan suhu dingin atau panas
  • Rambut rontok.

Walaupun begitu, gangguan ini dapat ditangani dengan pengobatan tepat ataupun operasi. Jika gangguan ini telah ditangani, siklus haid biasanya akan normal lagi. Oleh karena itu, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter apabila alami terlambat haid.

Nah, itulah penjelasan tentang berapa lama batas telat haid yang para perempuan perlu waspadai. Jika Bunda alami terlambat haid, sebaiknya untuk segera hubungi dokter spesialis kebidanan kandungan supaya penyebab-penyebabnya bisa diketahui dengan segera.(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab telat haid berbulan-bulan padahal sudah lepas KB. 

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!