sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Alat Kontrasepsi untuk Cegah Kehamilan, Simak Kekurangannya Juga Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 16 May 2021 15:32 WIB
Oral contraceptive pill on pharmacy counter with colorful pills strips background. caption

Jakarta - Ada banyak pilihanĀ alat kontrasepsi di luar sana yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan. Tetapi, saking banyaknya pilihan, seringkali Bunda malah bingung mana nih yang cocok untuk digunakan ya?

Pertanyaan ini memang kerap melanda banyak Bunda di luar sana. Ketika dihadapkan dengan keputusan menggunakan alat kontrasepsi, tak jarang banyak yang maju mundur karena dilema dengan alat kontrasepsi apa yang perlu dipilih.

Melansir dari Health, saat Bunda atau pasangan mencari-cari alat kontrasepsi terbaik, memang ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Siapapun tentu menginginkan alat kontrasepsi yang tidak mempengaruhi siklus haid dan menimbulkan efek samping ketika digunakan, serta tentunya memberikan efektivitas yang baik dalam pencegahan kehamilan.


"Metode yang paling efektif dari alat kontrasepsi ialah metode yang tidak memerlukan banyak pengguna," jelas Justine Wu, MD, MPH, asisten profesor di University of Michigan dan Ketua Dewan Association di Reproductive Health Professionals.

Wu menambahkan apa pun yang bekerja sendiri akan lebih efektif karena tidak ada kesalahan manusia. Tidak perlu aktivitas pengguna, pemantauan atau kepatuhan. Bunda juga tidak perlu minum pil, pergi ke dokter untuk mendapatkan suntikan berikutnya, atau memasukkan apa pun ke dalam vagina.

Adalah implan yang berukuran sebesar batang korek api, yang dipasang di bawah kulit di bagian lengan oleh dokter. Progestin yang ada akan mengentalkan lendir serviks dan membuatnya lebih sulit bagi sperma untuk mencapai sel telur. Artinya, jika ada yang dilepaskan, progestin juga dapat menghentikan telur meninggalkan ovarium.

Setelah implan terpasang dalam beberapa menit, tidak banyak yang perlu Bunda lakukan. Hanya saja yang perlu Bunda pertimbangkan ialah dikarenakan implan kecil dan ditempatkan tepat di bawah kulit, beberapa Bunda merasa tidak nyaman atau tidak menyukainya.

Nah, bagi Bunda yang kurang menyukai alat kontrasepsi tersebut, berikut ini beberapa pilihan alat kontrasepsi yang bisa dijadikan rekomendasi, seperti dikutip dari laman Queensland Health:

1. Kondom

Kondom adalah satu-satunya bentuk alat kontrasepsi yang melindungi dari kebanyakan IMS serta mencegah kehamilan. Metode kontrasepsi ini dapat digunakan sesuai permintaan, bebas hormon, dan mudah dibawa kemana-mana.

Keuntungannya ialah memberikan perlindungan terbaik terhadap IMS, dan dapat digunakan sesuai permintaan. Kekurangannya yakni bisa robek atau lepas saat berhubungan seks jika tidak digunakan dengan benar. Selain itu, beberapa orang memiliki alergi terhadap kondom lateks.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mengetahui pilihan lain.

Bunda, ketahui juga yuk dampak alat kontrasepsi terhadap kesuburan. Klik video di bawah ya:

[Gambas:Video Haibunda]



ALAT KONTRASEPSI YANG GANGGU PERIODE MENSTRUASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi