sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil, Bunda Perlu Tahu

Haikal Luthfi Selasa, 18 May 2021 07:12 WIB
Shot of unhealthy young woman with stomachache leaning on the bed at home. caption
Jakarta -

Pernah mengalami perut kembung? Kondisi ini dapat terjadi setiap saat, tak terkecuali ketika sedang hamil, Bunda.

Ya, perut yang mengalami kembung memang dapat menimbulkan perasaan tak nyaman. Gejala ini berhubungan dengan pencernaan, dari yang berkisar ringan hingga yang sangat menyakitkan.

Pada ibu hamil. salah satu kemungkinan penyebab kembung adalah fluktuasi hormonal. Mengutip Medical News Today, hormon kehamilan mengendurkan rahim, dan otot-otot pencernaan juga mengendur, serta memperlambat pencernaan.


Hal ini dapat menyebabkan sembelit, yang dapat menyebabkan seseorang merasa kembung. Biasanya ini sering terjadi pada trimester pertama, karena adanya peningkatan kadar progesteron.

Ada lebih banyak hormon progesteron di dalam tubuh selama kehamilan. Hal inilah mengapa Bunda mungkin mengalami lebih banyak gas dan kembung saat hamil.

"Memiliki lebih banyak hormon progesteron, dapat melemaskan otot di seluruh tubuh, termasuk saluran pencernaan. Kondisi ini dapat memperlambat pencernaan, yang dapat menyebabkan gas, kembung, sendawa, dan perut kembung, dan umumnya menimbulkan sensasi tidak nyaman di usus," ujar Prathima Setty, MD, seorang dokter kandungan dilansir laman Babycenter.

Meski begitu, Bunda tidak perlu khawatir karena bayi dalam kandungan tidak akan merasakan sakit atau tekanan gas yang terjadi. Si kecil akan aman dan nyaman mengapung di cairan pelindung kantung ketuban, Bunda.

Cara mengatasi perut kembung saat hamil

Ada banyak cara untuk mengatasi perut kembung saat hamil, Bunda. Dikutip dari laman What to Expect, berikut beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Perbanyak minum air

Young woman drinking pure glass of waterIlustrasi air/ Foto: iStock

Tetap terhidrasi dapat membantu menjaga segala sesuatunya bergerak melalui sistem pencernaan dalam tubuh, yang merupakan penyebab umum gas dan kembung. Dianjurkan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air per hari. Selain itu, hindari kafein dan jangan sekali-kali minum alkohol.

2. Makanan berserat

Makan makanan berserat adalah cara lain untuk mengatasi sembelit saat kehamilan, Bunda. Cobalah untuk mengonsumsi sayuran hijau, biji-bijian, dan buah-buahan. Jika belum rutin mengonsumsi serat, cobalah untuk melakukannya secara bertahap.

3. Pilihlah makanan yang lebih kecil

Semakin banyak makanan yang masuk ke perut sekaligus, semakin banyak gas yang akan dikeluarkan. Mengisi enam makanan kecil sehari atau tiga makanan sedang tidak hanya akan menjaga tingkat nutrisi konstan, tetapi juga dapat memberi makan bayi dengan lebih baik.

4. Makan dengan pelan

Jika biasanya dapat menghabiskan makanan dalam waktu lima menit, yang memungkinkan menelan banyak udara bersama makanan tersebut.

Udara tersebut akan mengendap di perut dalam bentuk gelembung gas yang bisa menyebabkan rasa sakit. Cobalah makan dengan santai selama kehamilan. Bunda tidak hanya akan mengurangi ketidaknyamanan perut, tetapi juga akan memberikan waktu jeda untuk mencerna yang layak.

5. Kurangi makanan pemicu kembung

Cobalah untuk makan lebih sedikit makanan yang menyebabkan gas, termasuk kacang-kacangan, kubis, bawang, gorengan, makanan manis, dan saus. Sehingga, dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam diet kehamilan, Bunda.

6. Makanan mengandung probiotik

Makan makanan dengan probiotik (seperti yoghurt, kefir, roti penghuni pertama, acar, asinan kubis, miso, kimchi) membantu mendukung bakteri baik untuk menjaga usus tetap sehat yang dapat membantu melawan sembelit dan gas.

7. Cobalah minuman hangat

Secangkir teh dipercaya dapat membantu segala jenis gangguan pencernaan pada kehamilan, seperti halnya segelas air panas dengan lemon.

8. Memijat lembut perut

Cara ini mungkin benar-benar hanya bekerja di awal kehamilan, sebelum benjolan bayi melewati bagian usus, Bunda. Melakukan pijat lembut pada perut dapat membantu meringankan sembelit.

Mulailah menggosok dengan lembut dalam gerakan melingkar pada tulang pinggul kanan. Kemudian, pindah ke atas ke tulang rusuk kanan, melintasi tulang rusuk, ke pinggul kiri, dan ke pusar, Bunda.

9. Konsultasi dengan dokter perihal obat

Obat jenis ini dapat ditemukan di apotek, toko obat, toko biasa, bahkan di warung kecil. Obat yang dijual bebas ini terkadang bisa mengatasi kembung selama kehamilan. Oleh sebab itu, bicaralah pada dokter tentang obat pencahar yang satu ini yang berfungsi untuk membantu sembelit dan gas.

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi