sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Manfaat Nangka untuk Ibu Hamil, Bunda Perlu Tahu

Maya Sofia Minggu, 23 May 2021 13:09 WIB
Young beautiful pregnant woman preparing healthy meal with fruites and vegetables caption
Jakarta -

Buah-buahan merupakan asupan yang diperlukan selama kehamilan. Menurut studi dari University of Alberta menemukan bahwa makan lebih banyak buah selama kehamilan dapat membuat anak lebih cerdas dan tumbuh dengan sehat. Nah Bunda, salah satu buah yang patut dicoba adalah buah nangka.

Nangka merupakan buah tropis unik yang sangat populer. Memiliki ciri ukuran yang besar dan daging yang tebal berwarna kuning. Selain nikmat dimakan langsung, karena memiliki rasa yang manis, buah ini juga bisa dikreasikan menjadi berbagai aneka hidangan.

Mengutip Healthline, nangka mengandung sekitar 92 persen kalori yang berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan sedikit lemak. Disamping itu, buah ini juga mengandung hampir semua vitamin yang dibutuhkan.


Vitamin B6 dan kalium bersama dengan banyak nutrisi penting lainnya. Daging nangka yang mudah dicerna merupakan sumber antioksidan yang kaya. Hal Itu diperlukan untuk ibu dan bayinya.

Manfaat nangka untuk ibu hamil

Mengutip laman Parenting First Cry mengonsumsi buah nangka saat hamil, terutama pada trimester ketiga dapat memberikan banyak nutrisi dan manfaat bagi tubuh. Adapun berikut beberapa manfaat diantaranya:

Olahan Biji Nangka yang Enak dan Murah MeriahBuah nangka/ Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi

Nangka mengandung kalsium, seng, zat besi, dan beta-karoten. Mineral ini dapat membantu pertumbuhan bayi.

Kandungan Ini juga merupakan sumber yang kaya berbagai vitamin seperti vitamin A dan C, dan folat, zat besi. Semua nutrisi ini membantu dalam pembentukan organ bayi yang diperlukan.

2. Membantu mengatur tingkat tekanan darah

Peningkatan tekanan darah ibu hamil dapat merugikan janin dan mengakibatkan berbagai komplikasi.

Oleh sebab itu mengonsumsi makanan sehat seperti nangka dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah dan memastikan Bunda dan janin dalam keadaan sehat. Nangka merupakan sumber potasium yang baik dan membantu menurunkan tekanan darah.

3. Mengatasi kelelahan

Kehamilan bisa sangat melelahkan bagi seorang wanita. Ketika sedang hamil, Bunda mungkin merasa malas atau lelah karena akan menopang bayi.

Tetapi dengan makan buah yang sehat seperti nangka dapat memberi energi yang dapat mencegah kelelahan. Nangka memberikan dosis energi langsung dan meningkatkan stamina.

Terlebih lagi buah ini bebas dari lemak jenuh dan kolesterol. Karena makan buah nangka untuk ibu hamil dapat memastikan kesehatan secara menyeluruh.

4. Merangsang pencernaan

Makan buah nangka dalam jumlah yang tepat dapat membantu meringankan berbagai masalah perut, seperti gangguan pencernaan selama kehamilan.

Masalah yang berhubungan dengan sembelit dan pencernaan sering kali terjadi. Jika mengalami masalah sembelit atau pencernaan, Bunda bisa mengonsumsi buah nangka untuk melawan masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Kandungan serat pada buah ini dapat memenuhi hampir 10 persen dari asupan serat harian. Ini juga akan membantu melancarkan buang air besar, meredakan sembelit , dan mengoptimalkan proses pencernaan.

5. Membantu menurunkan stres

Kehamilan sembilan bulan dapat dengan mudah membuat Bunda stres, tetapi itu tidak baik untuk Bunda dan bayi.

Jika stres melanda, Bunda bisa melakukan meditasi atau mencoba yoga. Selain itu, Bunda juga bisa mengonsumsi makanan tertentu seperti nangka dalam diet Bunda demi menurunkan stres. Biji nangka sangat bermanfaat karena mengandung protein dan berbagai zat gizi mikro lainnya, yang membantu mengelola stres.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama selama kehamilan. Saat hamil, Bunda bisa mengonsumsi buah-buahan seperti nangka, yang kaya vitamin demi meningkatkan kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan yang lebih kuat menyiratkan bahwa calon ibu kurang rentan terhadap penyakit yang timbul akibat infeksi virus atau bakteri.

Meski terdapat begitu banyak manfaat dari nangka, ternyata buah yang satu ini tidak terlepas dari berbagai efek yang ditimbulkannya lho Bunda. Mengutip Stylesatlife, hindari makan nangka bila mengidap Bunda diabetes.

Sebab ini dapat mengubah kadar glukosa dalam darah. Selain itu, nangka dapat meningkatkan pembekuan darah. Sehingga bagi yang sudah menderita penyakit darah sebelumnya harus berhati-hati saat mengonsumsi nangka saat hamil, Bunda.

Selain itu Bunda juga bisa berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum menyantap nangka. Pastikan juga jangan mengonsumsi nangka berlebihan ya.

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi