sign up SIGN UP search


kehamilan

Hasil Test Pack Samar, Apa Sudah Pasti Hamil?

Annisa Karnesyia Jumat, 11 Jun 2021 14:15 WIB
Female hands holding negative pregnancy test and showing it into camera, closeup caption
Jakarta -

Deteksi awal kehamilan bisa dilakukan dengan menggunakan alat test pack. Tapi bagaimana bila hasil test pack samar ya, Bunda? Apa ini bisa dikatakan Bunda positif hamil?

Hasil test pack kehamilan ada yang berupa tanda 'plus' atau 'minus'. Paling umum hasilnya berupa satu atau dua garis. Sebelum melakukan tes kehamilan dengan alat, Bunda sebaiknya membaca petunjuk pada kemasan dengan cermat.

Sebenarnya, alat test pack cukup terpercaya untuk mengetahui kehamilan. Namun, dalam kasus yang jarang, hasilnya bisa salah atau tidak jelas karena garis terlihat samar.


Hasil test peck samar dapat muncul sebagai tanda Bunda hamil. Dilansir Whats to Expect, garis pada alat test pack bisa saja tidak terlihat atau samar.

Hasil test pack biasanya dipengaruhi oleh hormon chorionic gonadotropin (hCG) yang diproduksi oleh sel-sel. Hormon hCG adalah hormon yang diproduksi selama masa kehamilan dan menjadi indikator dalam pemeriksaan test pack.

Hasil tes pack kehamilan

Semua test pack kehamilan pada dasarnya memiliki konsep yang sama, yakni mengambil sampel urin untuk diletakkan di salah satu ujung perangkat pengujian. Di alat ini, ada substrat, yakni potongan bahan yang dapat bereaksi terhadap keberadaan hCG. Ketika substrat ini bereaksi dengan urin, ia akan menghasilkan hasil tes kehamilan.

Hasil tes pack kehamilan perlu dipahami oleh Bunda ya. Mengutip Baby List dan Today's Parent, berikut hasil test pack kehamilan:

1. Positif hamil

Tes pack kehamilan akan dilengkapi dengan satu atau dua jendela pada alatnya. Pada test pack satu jendela, hasil positif ditunjukkan dengan munculnya dua garis.

Sementara pada tes dua jendela, akan muncul satu garis dan tanda (+) di masing-masing jendela bila kehamilan benar-benar terjadi.

Di zaman yang modern ini, test pack kehamilan digital sudah ada, Bunda. Biasanya alat ini mudah digunakan dan tidak akan muncul hasil yang samar.

2. Negatif hamil

Cara kerja tes pack pada hasil negatif adalah kebalikan dari hasil positif hamil. Pada test pack satu jendela yang negatif, Bunda akan melihat satu garis, sementara pada dua jendela, hasilnya adalah satu garis dan tanda (-).

3. Positif palsu

Positif palsu (false positive) dapat menunjukkan Bunda hamil, padalah sebenarnya tidak hamil. Positif palsu dapat terjadi karena beberapa sebab, seperti cara penggunaan alat tes kehamilan yang salah atau sudah kadaluwarsa, pengaruh obat kesuburan, keguguran, kehamilan kimia, atau kehamilan ektopik.

4. Negatif palsu

Negatif palsu (false negative) adalah kebalikan positif palsu. Hasil test pack menunjukkan Bunda tidak hamil tapi sebenarnya hamil.

Negatif palsu bisa terjadi karena tubuh belum menghasilkan cukup hCG untuk dideteksi test pack. Semakin awal atau cepat melakukan tes, semakin tinggi risiko mendapatkan hasil negatif palsu ini, Bunda.

Jika Bunda mendapatkan hasil negatif palsu tapi curiga hamil, maka dapat mengulang kembali tes dalam beberapa hari. Namun, jika masih negatif dan belum menstruasi, maka sebaiknya cek ke dokter.

Shot of a woman looking worried while holding a pregnancy test with her partner lying in the backgroundIlustrasi Tes Pack/ Foto: iStock

Hasil test pack samar

Selain positif dan negatif, hasil test peck juga bisa samar, Bunda. Hasil ini biasanya sering bikin Bunda bingung dengan kondisinya.

Melansir dari berbagai sumber, hasil test pack samar dapat menunjukkan 5 hal berikut:

1. Benar positif hamil

Garis samar pada tes kehamilan biasanya menandakan bahwa implantasi telah terjadi dan sedang berada di tahap awal kehamilan. Namun, untuk memastikannya, Bunda perlu menguji lagi dengan test pack di hari-hari berikutnya. Bila garis itu menjadi lebih tebal dan tidak samar, berarti kehamilan terjadi.

"Cara terbaik untuk mengetahui kehamilan adalah ke dokter kandungan dan melakukan tes darah untuk memastikannya. Hasil pemeriksaan ini akan menunjukkan angka dan tingkat hCG, serta memungkinkan dokter untuk melihat kondisi kandungan di tahap awal kehamilan," kata Eric Surrey, ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis kesuburan.

2. Tanda keguguran

Hasil test pack samar tidak selalu menandakan kehamilan ya, Bunda. Kita bisa melihat garis samar di tes kehamilan, tapi beberapa hari kemudian justru mengalami menstruasi. Hasil tes juga bisa menjadi negatif untuk kedua kalinya.

Artinya, tentu saja kehamilan tidak terjadi atau bisa jadi Bunda telah mengalami keguguran dini. Peristiwa ini umum dan sering terjadi tanpa disadari. Kehamilan ektopik atau masalah pada ovarium dapat menyebabkan hasil test pack samar.

3. Terjadi penguapan pada sampel tes

Terkadang pada beberapa tes pack kehamilan, urine yang masuk ke alat dapat menguap dan menyebabkan indikator samar-samar. Selain itu, setiap alat tes pack juga berbeda, Bunda.

Umumnya, ada batas waktu tunggu kapan harus membaca hasil tes pack kehamilan. Waktu ini biasanya berkisar antara 2 hingga 10 menit. Nah, hasil mungkin bisa samar setelah beberapa menit dari waktu yang dianjurkan untuk menunggu.

Jika Bunda menggunakan test pack ini dengan benar, maka garis akan terlihat jelas atau tidak samar. Jadi, ikuti petunjuk pemakaian ya.

4. Jumlah kadar hCG di tubuh

Meskipun kadar hCG meningkat selama awal kehamilan, ini tidak berarti bahwa hasil test pack akan terlihat jelas atau tidak samar. Jumlah hCG dalam sampel urine sebenarnya bisa bervariasi.

Jumlah hCG juga dapat berubah tergantung seberapa banyak cairan yang kita minum dan seberapa sering Bunda buang air kecil. Semakin banyak minum, semakin encer hCG dalam urine. Semakin sering buang air kecil, hCG juga akan dikeluarkan dari tubuh secara terus-menerus. Kondisi ini mungkin dapat memengaruhi hasil test pack yang terlihat samar.

Selain itu, hasil test pack samar juga bisa berarti hCG dalam urine terlalu dini dideteksi oleh alat tes kehamilan. Dapat juga terjadi karena hCG masih rendah di awal kehamilan.

5. Sensitivitas alat test pack rendah

Alat test peck kehamilan juga bisa memengaruhi hasil, Bunda. Banyak jenis alat tes kehamilan dijual dan memiliki sensitivitas yang berbeda.

Saat ingin melakukan tes kehamilan di rumah, sebaiknya beli alat test pack yang tingkat sensitivitasnya tinggi. Bunda juga perlu mengecek tanggal kadaluwarsa alat test pack ya.

Bunda, simak juga 7 buah-buahan yang bagus dikonsumsi saat hamil, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi