sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Mudah Atasi Gangguan Asam Lambung Saat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 11 Jun 2021 08:17 WIB
Female patient in emergency room experiencing pain in pregnancy caption

Jakarta - Gangguan asam lambung memang sangat tidak mengenakkan ya, Bunda. Apalagi kalau terjadi saat hamil, pastinya akan membuat hari-hari Bunda makin 'tersiksa'.

Ya, gangguan asam lambung pada Bunda hamil biasanya terjadi karena asam kadar progesteron, hormon utama kehamilan memperlambat sistem pencernaan. Belum lagi, hal tersebut dikombinasikan dengan tekanan bayi yang sedang tumbuh membuat tekanan asam lambung makin naik.

Gejalanya yang paling umum yakni adanya rasa mual, bersendawa yang menjadi tanda gangguan asam lambung, serta adanya rasa sensasi terbakar di tenggorokan atau dada bagian atas, seperti dikutip dari laman The Bump.


"Gangguan asam lambung sangatlah umum selama kehamilan. Lebih dari separuh ibu hamil akan mengalami gangguan asam lambung," ujar Michelle Collins, CNM, assistant professor of nurse-midwifery di Vanderbilt University.

Collins menambahkan, gangguan asam lambung ibu hamil terjadi karena pencernaan Bunda melambat dan Bunda lebih kenyang sehingga memiliki lebih sedikit ruang di perut. Hal itu membuat zat asam naik ke kerongkongan. Selain itu, di perut Bunda juga terdapat bayi yang menekan perut.

Melansir dari laman Medical News Today, gangguan asam lambung atau GERD kerap memengaruhi sekira 80 persen kehamilan, menurut sebuah penelitian. Rasa tidak nyaman yang dirasakan pun dapat berkembang pada setiap tahap kehamilan tetapi utamanya sering terjadi pada trimester kedua dan ketiga.

Para peneliti tidak sepenuhnya memahami mengapa gangguan asam lambung Bunda hamil kapan mulai terasa, dan kemudian memburuk di kemudian hari pada kehamilan. Namun, beberapa faktor memang diyakini berperan di dalamnya.

Salah satunya yakni adanya perubahan hormonal selama kehamilan serta adanya peningkatan tekanan pada perut. Inilah yang kemudian memperburuk kondisi Bunda mengalami gangguan asam lambung.

Informasi lebih lanjut klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk cerita istri almarhum Bani 'Seventeen' jalani kehamilan tanpa suami dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



5 CARA ATASI GANGGUAN ASAM LAMBUNG SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi