sign up SIGN UP search


kehamilan

Persiapan Melahirkan jika Bunda Positif COVID-19

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 07 Jul 2021 18:50 WIB
Melahirkan caption

Menyambut kedatangan buah hati pastinya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu Ayah dan Bunda. Tetapi, bagaimana jika Bunda yang akan melahirkan justru tengah terpapar COVID-19? Hmm, pasti galau kan, Bunda.

Ya, persiapan melahirkan jika positif COVID-19 mungkin harus sedikit lebih ekstra ya, Bunda. Apalagi, melahirkan di masa pandemi tentunya akan berbeda daripada biasanya. Pastinya ada prosedur protokol kesehatan yang perlu dilalui. Bunda pun diharapkan mempersiapkan diri secara lahir dan batin agar proses persalinan berjalan lancar.

"Yang paling penting untuk diketahui ibu baru ialah bahwa tempat terbaik dan teraman untuk melahirkan bayi yakni tetap di rumah sakit," ujar Kristin Coppage MD, spesialis kedokteran ibu dan janin, seperti dikutip dari laman Trihealth.


Rumah sakit pun dalam hal ini turut mendukung dengan menerapkan tindakan pencegahan keselamatan untuk proses persalinan termasuk ibu, bayi, keluarga, dan staf medis.

Setiap rumah sakit biasanya memiliki aturan masing-masing sebagai kebijakan yang diterapkan. Bunda pun sebaiknya menanyakannya terlebih dahulu sebelum persalinan tiba.

American Academy of Pediatrics (AAP) mendukung ibu hamil positif COVID-19 untuk didampingi pasangan mereka saat melahirkan. Tetapi hal ini terpulang kembali pada kebijakan rumah sakit tempat Bunda akan melahirkan ya. Sebab, kebijakan dari setiap rumah sakit berbeda satu sama lain.

Pada proses persalinan sendiri, Bunda diharuskan menggunakan masker untuk membantu menghentikan penyebaran virus ke bayi atau orang lain selama persalinan. Ayah yang tidak terinfeksi juga diharapkan menggunakan penutup wajah dan mengikuti semua tindakan pencegahan keselamatan dari rumah sakit yang bersangkutan.

Segera setelah bayi lahir, mereka akan menerima semua perawatan biasa. Bayi juga akan dimandikan setelah melahirkan untuk menghilangkan virus di kulit.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang mitos kehamilan di bawah ini ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



PERSIAPAN MELAHIRKAN JIKA POSITIF COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi