sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Ini Risiko bila Hamil Positif COVID-19

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 07 Jul 2021 08:01 WIB
Ibu hamil sakit caption

Jakarta - Kasus COVID-19 yang terus melonjak dan berkepanjangan memang telah menciptakan kecemasan untuk siapa saja, termasuk para ibu hamil ya, Bunda.

Menjalani kehamilan saat positif COVID-19 memang tidaklah mudah karena pastinya akan timbul rasa cemas dan khawatir. Hal tersebut tidak saja mendatangkan kecemasan, tetapi juga kekhawatiran karena ada bayi yang sedang dikandung.

"Ibu hamil mengalami perubahan imunologi dan fisiologis yang mungkin membuatnya lebih rentan terhadap infeksi virus pernapasan, termasuk COVID-19," ujar salah satu pakar kesehatan masyarakat di Centers for Disease Control and Prevention (CDC) seperti dikutip dari laman UCHealth.


Wanita hamil memang lebih berisiko terkena gangguan kesehatan ya, Bunda. Sama halnya ketika adanya wabah sebelumnya termasuk SARS dan MERS. Kala itu, ibu hamil juga lebih rentan terhadap infeksi tersebut. 

Karena itu, petugas kesehatan masyarakat kerap mengimbau para ibu hamil untuk melakukan semua yang mereka bisa untuk menghindari penyakit dengan sering mencuci tangan dan menghindari orang yang berpenyakit.

Dengan begitu, risiko awal terjadinya penularan apa pun dapat diminimalisasi. Termasuk gejala demam yang kerap menghampiri ketika kehamilan ya, Bunda.

"Demam tinggi selama trimester pertama kehamilan dapat merugikan, apapun penyebabnya," ujar Dr Natalie Rochester, pakar perawatan dan kebidanan, seperti dikutip dari laman UCHealth.

Untuk itu, sangat disarankan bagi Bunda yang sedang hamil agar menjaga kesehatan secara ekstra sehingga terhindar dari risiko-risiko yang tidak diinginkan termasuk terpapar COVID-19.

Melansir Mayo Clinic, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil dengan COVID-19 juga lebih mungkin mengalami kelahiran prematur dan persalinan caesar. Dan, bayi berpotensi dirawat di unit neonatal.

Jika Bunda termasuk ibu hamil positif COVID-19, disarankan untuk segera menghubungi layanan kesehatan dan memberitahukan gejala yang dirasakan. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang kehamilan di bawah ini ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



KETAHUI RISIKO IBU HAMIL POSITIF COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi