sign up SIGN UP search


kehamilan

Jutaan Vaksin Pfizer Diprioritaskan untuk Bumil, Apakah Ada Efek Sampingnya?

Annisa Karnesyia Jumat, 20 Aug 2021 13:10 WIB
Vaksin Covid-19 caption
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 masih terus berjalan di Indonesia. Pada Kamis (19/8/21), sebanyak 1.560.780 dosis vaksin Pfizer tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Bunda.

Jenis vaksin Pfizer akan dialokasikan pemerintah untuk program vaksinasi nasional. Vaksin ini sendiri telah mendapatkan emergency use of authorization (EUA) Juli lalu dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada bulan yang sama.

Vaksin ini rencananya akan diberikan untuk orang dewasa dan ibu hamil. Vaksin ini disebut aman dan efek sampingnya dapat ditoleransi.


"Secara umum keamanan vaksin ini dapat ditoleransi," kata Kepala BPOM Penny K Lukito.

Vaksin Pfizer masuk dalam jenis vaksin yang bisa digunakan untuk ibu hamil, Bunda. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah resmi mengeluarkan aturan terkait hal ini.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19. Per tanggal 2 Agustus 2021, vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil bisa dilakukan di daerah risiko tinggi.

Banner Bule Perancis Nikahi Gadis KalimantanBanner Bule Perancis Nikahi Gadis Kalimantan/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

"Vaksinasi bagi ibu hamil akan menggunakan jenis vaksin COVID-19 platform mRNA yakni Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform Inactivated Sinovac," tulis surat edaran tersebut.

Sebelum Surat Edaran ini keluar, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah mengeluarkan rekomendasi tentang vaksinasi COVID-19. Isinya tentang ketentuan vaksinasi dan jenis vaksin COVID-19 untuk Bunda hamil.

Dalam Surat Edaran tersebut, POGI telah menyatakan keamanan vaksin Pfizer untuk ibu hamil. Bunda bisa mendapatkan vaksin ini sesuai ketersediaan ya.

"Jadi memang sesuai dosis yang ada. Kalau memang yang tersedia Sinovac, kita gunakan dua kali untuk suntik. Begitu pun untuk jenis vaksin Moderna dan Pfizer," kata dr. Ilham Utama Surya, SpOG dari RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Bagi Bunda yang memiliki penyakit penyerta dan tidak terkontrol, vaksinasi COVID-19 sebaiknya ditunda dulu ya. Saat melakukan vaksinasi, petugas akan melakukan skrining melalui formulir untuk mengetahui kondisi Bunda.

Ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan petugas terkait kehamilan. Keputusan akhir untuk mendapatkan vaksinasi akan menyesuaikan hasil skrining ini.

Lalu bagaimana tentang efektivitas vaksin Pfizer untuk melawan COVID-19 ya? Apa pula efek samping dari vaksin ini?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga 7 syarat Bunda hamil boleh terima vaksin COVID-19, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!