sign up SIGN UP search


moms-life

Kathrin Jansen, Wanita Inspiratif di Balik Riset & Pengembangan Vaksin Pfizer

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 30 Mar 2021 11:24 WIB
Kathrin Jansen caption
Jakarta -

Hingga kini, vaksin COVID-19 masih terus dikembangkan. Tahukah, Bunda, seorang wanita punya andil besar dalam pengembangan vaksin ini? Sosok berjasa itu adalah Kathrin Jansen.

Berkat kiprahnya dalam dunia sains, Kathrin Jansen masuk ke dalam daftar 15 pemimpin wanita global versi Forbes. Ia bersanding dengan wakil presiden perempuan pertama di AS, Kamala Harris, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, dan nama besar lainnya.

Bisa dibilang, Kathrin Jansen merupakan satu-satunya wanita dalam daftar itu yang memiliki pengaruh besar secara global. Mengutip Forbes, sebagai kepala penelitian dan pengembangan vaksin Pfizer, Jansen diberi tugas yang hampir mustahil yakni membuat dan menguji vaksin COVID-19 yang layak, dalam waktu kurang dari setahun.


Banner Pria Palestina Nikahi MUA Malang

Sedikit profil tentangnya, Kathrin Jansen dibesarkan di Jerman. Ia masih ingat dengan jelas memori tentang antrean pemberian vaksin polio dan cacar. Dari situ lah minat dalam bidang medis dan hasratnya tumbuh untuk mendalami vaksin.

Jansen tahu sejak awal, industri ini cocok untuknya. Ia lulus dengan gelar doktor di bidang mikrobiologi, biokimia dan genetika, dari Phillips-Universitat di Jerman, lalu menyelesaikan pekerjaan postdoctoral di Cornell University.

Melihat kembali ke masa kanak-kanaknya, dia ingat seberapa jauh dunia telah berkembang dalam pengobatan dan pencegahan penyakit.

"Kita (sebagai masyarakat) memberantas cacar, kita hampir memberantas polio, kita bisa memberantas lebih banyak penyakit lagi," katanya.

Sebagai seorang wanita, Kathrin Jansen adalah minoritas di bidangnya. Ia rupanya sempat mengalami diskriminasi hanya karena dirinya perempuan. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga kesiapan tenaga kesehatan dalam persiapkan vaksin, di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

JADI MINORITAS DI BIDANG SAINS, KATHRIN JANSEN PIMPIN 650 AHLI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!