sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tanda Hamil yang Paling Mudah Terasa oleh Tubuh, Adakah yang Sedang Bunda Alami?

Tim HaiBunda Minggu, 29 Aug 2021 14:25 WIB
Young woman suffer from illness caption
Jakarta -

Memiliki kesadaran lebih awal terkait tanda-tanda hamil sangat penting bagi calon seorang ibu. Kenapa?

Sebab umumnya seorang wanita hanya akan lebih semangat dalam menjalankan kebiasaan sehat dan menghindari kebiasaan buruk seperti minum soda dan makan  setelah mengetahui bahwa dirinya sedang hamil.

Itu sebabnya kenali tanda-tanda hamil tersebut dengan memperhatikan cirinya sebagai berikut:


Perkembangan Janin Usia 2 BulanPerkembangan Janin Usia 2 Bulan/ Foto: Mia Kurnia Sari

Tanda-tanda hamil yang dirasakan tubuh:

1. Terlambat datang bulan

Tanda kehamilan yang paling umum disadari kebanyakan wanita adalah terlambat datang bulan. Meskipun tidak semua kondisi terlambat datang bulan sudah pasti menunjukkan seseorang sedang hamil, umumnya bagi para calon Bunda dianjurkan untuk memeriksa kondisinya jika mengalami hal tersebut.

Ciri kehamilan satu ini juga biasanya menjadi tanda-tanda hamil muda yang banyak dialami oleh para ibu hamil. Apakah Bunda sedang mengalami ini?

2. Sering mengalami mual-mual

Seperti halnya adegan-adegan yang menunjukkan seorang wanita yang sedang hamil di sinetron televisi, ternyata mual-mual bukan hanya mitos belaka, Bun! Melainkan benar adanya itu sebagai pertanda kehamilan seseorang.

Biasanya, mual-mual dirasakan saat kandungan berada di usia 4 - 6 minggu dan sering muncul di pagi hari. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa mual juga akan terjadi saat-saat tertentu.

Mual ini dikarenakan di trimester awal kehamilan, ada hormon beta hCG (human chorionic gonadotropin) yang merangsang ke pusat otak. Inilah yang menyebabkan rasa mual dan muntah.

Hormon lainnya adalah progesteron yang dapat membuat otot-otot polos menjadi lebih tenang. Kombinasi hormon-hormon ini juga dapat menyebabkan mual dan muntah selama hamil.

3. Mengalami pendarahan ringan

Tanda-tanda hamil selanjutnya yang bisa Bunda kenali sendiri adalah dengan munculnya perdarahan ringan. Hal tersebut dikarenakan sel telur yang sudah dibuahi nantinya akan menempel di dinding rahim sehingga bisa merusak beberapa pembuluh darah.

Kondisi inilah yang membuat perdarahan ringan atau flek terjadi ketika seseorang sedang mengalami hamil muda. Selain pendarahan ringan atau flek, biasanya juga disertai dengan rasa kram pada perut yang juga menjadi dampak lain akibat penempelan calon janin tadi.

4. Perubahan ukuran payudara

Perubahan ukuran payudara umumnya terjadi di awal kehamilan seseorang. Bukan hanya mengalami perubahan ukuran saja, melainkan terjadi rasa sakit sebagaimana saat seseorang mengalami menstruasi. Namun, kali ini lebih sakit bahkan terasa lebih berat dari biasanya.

Akibat kondisi tubuh yang mulai mempersiapkan diri untuk proses menyusui, area di sekitar puting pun biasanya menjadi lebih gelap. Karena kondisi ini memungkinkan jaringan lemak dan aliran susu yang mulai terbentuk serta meningkatnya aliran darah ke payudara.

5. Mudah lelah

Mudah lelah dipercaya menjadi tanda-tanda hamil muda. Ini terjadi karena kadar hormone progesteron mengalami peningkatan. Bukan hanya itu saja, kelelahan yang menunjukkan seseorang sedang hamil juga disebabkan karena tubuh kehilangan banyak energi saat lebih banyak memproduksi sel darah.

Itulah tanda tanda hamil yang perlu Bunda sadari segera supaya lebih berhati-hati dalam beraktivitas dan menjaga asupan. Jangan lupa juga Bun untuk memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan kepastian informasi dan masukan kesehatan lainnya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tujuh keluhan umum saat hamil trimester pertama. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!