sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Tanda-tanda Melahirkan yang Wajib Bunda Hamil Ketahui, No.5 Sering Salah Diartikan

Tim HaiBunda Kamis, 09 Sep 2021 07:05 WIB
Ilustrasi tanda melahirkan caption
Jakarta -

Banyak sekali Bunda hamil, terutama bagi mereka yang baru kali pertama hamil, akan bertanya-tanda terkait dengan tanda-tanda melahirkan itu seperti apa? Bunda tak perlu gelisah, Bun karena karena tubuh Bunda secara fisiologis akan memberikan berbagai tanda untuk mengatakan bahwa proses persalinan akan segera berlangsung.

Tanda-tanda Melahirkan Sudah Dekat

Jika Bunda melahirkan secara normal, akan sulit menentukan waktu yang tepat. Maka itu dokter kandungan pun hanya akan memberikan Hari Perkiraan Lahir (HPL) berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT).

Waktu kelahiran sendiri bisa lebih cepat atau mundur dari rentang waktu yang sudah diperkirakan tadi. Oleh karena itu, Bunda hamil disarankan untuk mempersiapkan berbagai keperluan persalinan jauh-jauh hari.


Banner resep Rp200 ribuBanner resep Rp200 ribu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Kondisi yang sering dialami Bunda hamil saat akan melahirkan berbeda-beda. Ada yang masih dapat melakukan berbagai aktivitas fisik maupun olahraga walaupun sudah muncul tanda-tanda melahirkan. Di sisi yang lain ada Bunda hamil yang hanya dapat istirahat terus pada saat munculnya tanda-tanda persalinan.

Penting sekali untuk segera ke fasilitas kesehatan/dokter kandungan jika memang sudah merasakan tanda-tanda akan menjalani proses persalinan. Tanda-tanda akan melahirkan tersebut antara lain:

1. Pembukaan

Pembukaan terjadi apabila kepala dari bayi sudah berada di pintu rahim. Pembukaan sendiri mulai dari satu hingga sepuluh. Apabila sudah pembukaan sepuluh, maka sudah dikatakan pembukaan yang sempurna.

Biasanya gejala yang akan Bunda hamil rasakan di tahap ini adalah tekanan pada anus yang semakin kuat, lendir serta darah yang sedang keluar semakin banyak, dorongan untuk mengejan akan semakin kuat, dan rasa sakit yang luar biasa.

2. Pecahnya ketuban

Selama bayi berada di dalam perut Bunda, bayi tersebut berada di dalam kantung yang isinya adalah air ketuban. Pada saat mau lahir, ketuban ini akan pecah sehingga air mengalir dari pintu rahim ibu.

3. Keluarnya flek darah

Segeralah pergi ke rumah sakit atau tempat bersalin ketika Bunda mengalami ciri-ciri melahirkan berupa munculnya flek. Flek tersebut awalnya berwarna cokelat muda, cokelat biasa, hingga nantinya berwarna menyerupai darah.

4. Kepala bayi mulai bergeser ke bawah

Tanda dari bayi yang sudah mencapai pintu rahim adalah kepala bayi yang bergeser ke arah bawah. Kondisi tersebut dapat dirasakan oleh seorang Bunda karena perut bagian atas akan terasa kosong.

5. Sensasi ingin buang air besar yang tak tertahankan

Bunda yang akan melahirkan biasanya mengalami dorongan hebat yang dapat membuat ibu hamil benar-benar ingin untuk melakukan buang air besar. Hal itu terjadi karena si bayi terus-menerus mendorong ke bawah. 

Awas jangan sampai salah mengira ini sebagai pertanda sembelit ya, Bun. Karena dalam beberapa kasus kerap terjadi salah kira gejala ini sebagai mulas biasa sehingga Bunda hamil malah pergi ke kamar mandi dan bukannya mencari pertolongan. 

6. Kontraksi

Rasa mulas atau kontraksi akan terjadi ketika menjelang hari-hari kelahiran Si Kecil. Kontraksi yang sebenarnya dirasakan adalah kontraksi yang terjadi pada rahim, melalui bagian pinggang kemudian ke panggul.

Kontraksi sendiri akan dirasakan sangat kencang sehingga perut akan terasa mulas dan durasinya akan semakin meningkat. Misalnya saja kontraksi sudah terasa setiap satu jam sekali. Kemudian akan meningkat hingga menjadi sekali dalam 30 menit, kemudian meningkat lagi menjadi sekali dalam 10 menit, dan akhirnya proses persalinan akan dimulai.

Jika Bunda sudah merasakan tanda-tanda melahirkan tersebut, penting untuk segera pergi ke fasilitas kesehatan secepatnya. Hal itu akan mengurangi risiko yang tidak diinginkan pada ibu dan bayi. (PK)

Simak juga video berikut mengenai pijat hamil yang bisa mempercepat kehamilan. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!