sign up SIGN UP search


kehamilan

21 Tanda Melahirkan Sudah Dekat, Alami Diare hingga Kontraksi Palsu

Asri Ediyati Rabu, 16 Sep 2020 18:19 WIB
Kontraksi caption
Jakarta -

Bunda sudah masuk trimester tiga kehamilan? Wah, enggak terasa sebentar lagi melahirkan ya. Biasanya jika waktu melahirkan sudah dekat, tubuh Bunda akan memberi sinyal.

Selain tubuh memberikan sinyal, muncul pula emosi dan naluri keibuan saat Bunda akan melahirkan. Menariknya, ada banyak tanda yang bisa menunjukkan kalau ibu hamil akan melahirkan.

Apa saja tanda-tanda akan melahirkan sudah dekat? Berikut 21 tanda melahirkan sudah dekat yang dirangkum dari berbagai sumber:


1. Bentuk tubuh berubah

Menurut dr.Fredrico Patria, SpOG, dalam bukunya, Dahsyatnya Hamil Sehat dan Normal akan ada perubahan bentuk tubuh jelang melahirkan karena perubahan hormon, Bunda.

"Misalnya, tulang kemaluan yang melebar membuat dasar panggul semakin lunak untuk dapat mempermudah jalan lahir si bayi. Payudara juga tampak semakin membesar karena ASI yang sudah mulai diproduksi," tulis Fredrico.

2. Sakit punggung

Menjelang melahirkan, ibu hamil biasanya mengalami sakit punggung, terutama nyeri di punggung bagian bawah yang datang dan pergi. Sakit punggung ini bahkan dapat disertai dengan kontraksi.

Beberapa wanita bahkan merasa sendi mereka menjadi lebih kendur terutama di daerah panggul saat trimester ketiga berlangsung. Tapi tenang saja, Bunda, ini sebagai bentuk persiapan untuk persalinan.

3. Perut terasa mengeras

Perut teras mengeras adalah salah satu cara alami tubuh Bunda untuk mendorong calon bayi turun ke mulut rahim. Rasa mulas yang diakibatkannya pun bisa membuat perut terasa mengeras.

4. Braxton Hicks alias kontraksi palsu

Mengutip Made for Mums, saat hormon Bunda berubah, leher rahim akan menjadi lebih fleksibel dan mungkin mulai menegang, ini dikenal sebagai Braxton Hicks alias kontraksi palsu.

Beberapa ibu mengalaminya di awal kehamilan dan biasanya tidak sakit. Bunda mungkin memperhatikan adanya pengerasan pada perut dan itu bisa sangat tidak nyaman. Jika frekuensi Braxton Hicks mulai meningkat, itu mungkin pertanda bahwa persalinan sudah dekat.

5. Nafsu makan bertambah

Sama seperti pada masa mengidam saat hamil, nafsu makan Bunda juga akan meningkat ketika waktu melahirkan sudah dekat. Bunda juga mengalaminya?

6. Sering ingin buang air kecil

Bunda akan mengalami dorongan hebat yang akan membuat Bunda benar-benar ingin buang air kecil. Ini terjadi karena bayi semakin mendorong ke bawah.

7. Mulas ingin buang air besar

Mungkin Bunda merasa tidak benar-benar ingi pergi ke toilet dengan sering. Namun, ketika waktu melahirkan sudah dekat, Bunda bisa merasa mulas dan ingin buang air besar.

8. Diare

Bagi Bunda yang mengalami diare di minggu-minggu terakhir kehamilan, sudah bisa bersiap-siap melahirkan ya. Saat Bunda mengalami diare minggu ini, itu mungkin berarti persalinan sudah dekat.

9. Gerakan bayi melambat

Sesaat sebelum terasa nyeri persalinan, gerakan bayi akan terasa melambat. Hal ini karena bayi sedang mengatur posisi kelahiran dan mencari jalan lahir, Bunda.

10. Kepala bayi mulai bergeser ke bawah

Ini merupakan tanda bahwa bayi sudah menuju ke pintu rahim. Bunda dapat merasakannya karena perut bagian atas terasa kosong.

Attractive pregnant female chilling while drinking fresh coffee from mug and relaxing at home21 Tanda Melahirkan Sudah Dekat, Alami Diare hingga Kontraksi Palsu/ Foto: iStock

11. Bagian bawah perut terasa ditekan

Karena bayi bergerak menuju pintu rahim dan mencari jalan lahir, maka perut bagian bawah terasa seperti ditekan. Rasanya seperti sedang menstruasi dan terkadang punggung Bunda juga terasa sakit.

12. Baby bump turun

Masih ada kaitannya dengan bayi yang mulai bergeser ke bawah. Bagian atas perut akan terasa kosong dan ini yang membuat seakan baby bump Bunda turun.

13. Jarang bisa tidur

Bidan dan dosen University of Central England, Alison Edwards mengatakan ibu hamil mungkin lebih terjaga sebelum melahirkan dan beberapa ibu hamil merasa mereka tidak bisa tidur.

14. Kondisi psikologis tidak stabil

Semakin mendekati waktu melahirkan, emosi Bunda bisa menjadi tidak stabil. Ada gejolak energi yang berlebihan atau bahkan ada keinginan untuk menyendiri. Oleh karena itu dibutuhkan kesiapan fisik dan mental yang matang, serta dukungan dari suami.

15. Cemas dan takut

Waktu melahirkan yang dekat membuat Bunda cemas dan takut. Ada kecemasan dan ketakutan tentang bagaimana kelancaran persalinan, kesehatan bayi dan ibu.

16. Muntah

Muntah ini selain dipengaruhi oleh hormon, juga merupakan efek psikologis karena emosi yang tidak stabil, perpaduan rasa takut, nyeri, dan bersemangat menyambut anak.

17. Nesting

Nesting adalah munculnya naluri keibuan dan keinginan untuk mempersiapkan kamar serta perlengkapan bayi. Naluri ini muncuk ketika waktu melahirkan semakin dekat.

18. Hewan peliharaan setia di samping Bunda

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa merasakan bahwa Bunda akan melahirkan dalam waktu dekat. Namun, dalam kasus lain mereka bisa menjauh dan bahkan stres karena perhatiannya akan teralihkan.

19. Keluarnya sumbat lendir

Keluarnya sumbat lendir adalah tanda yang diketahui bahwa waktu melahirkan sudah dekat. Lendir kental yang diproduksi oleh kelenjar serviks biasanya membuat pembukaan serviks tertutup selama kehamilan. Sumbat lendir ini harus dikeluarkan sebelum melahirkan.

20. Flek darah

Tanda-tanda lainnya adalah munculnya flek-flek pada cairan vagina. Awalnya, flek tersebut berwarna cokelat muda, cokelat, hingga akhirnya berwarna seperti darah.

21. Pecah ketuban

Pecahnya selaput ketuban atau air ketuban biasanya merupakan tanda bahwa persalinan akan segera dimulai. Air ketuban bentuknya bukan semburan cairan yang dramatis, melainkan seperti mengeluarkan tetesan air seni dan cenderung lambat.

Menurut bidan bersertifikat, Meredith Wallis, MS, CNM, ANP, bagi setiap wanita hamil pecah air ketuban biasanya menjadi pengalaman berbeda. Ada yang mungkin merasakan sensasi cairan menetes dari vagina, sebelum akhirnya menyembur. Ada pula yang melihat pakaian dalam mereka mengalami kelembaban berlebih.

Semoga informasi tentang tanda melahirkan di atas bisa membantu Bunda untuk bersiap-siap ya.

Simak juga teknik rebozo untuk melancarkan persalinan:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi