Sign Up search


kehamilan

5 Tanda Ibu Hamil Segera Melahirkan, Selain Kontraksi

Yuni Ayu Amida Jumat, 06 Mar 2020 06:59 WIB
5 Tanda Ibu Hamil Segera Melahirkan, Selain Kontraksi caption
Jakarta - Saat melahirkan akan jadi momen spesial untuk ibu hamil, suami, dan keluarga. Karena itu artinya akan ada buah hati yang mereka sambut saat lahir ke dunia. Tapi, baiknya kita mengetahui juga tanda-tanda akan segera melahirkan agar bisa melakukan persiapan.

Melansir NicHD, bagi kebanyakan ibu hamil, persalinan biasanya dimulai antara minggu ke-37 hingga minggu ke-42 kehamilan. Persalinan sebelum 37 minggu biasanya menyebabkan bayi berisiko prematur.


Meski demikian, tentunya kehamilan bagi setiap wanita akan berbeda, entah itu kapan waktu melahirkan dimulai, atau ciri-ciri akan melahirkan. Lamanya waktu yang dibutuhkan saat melakukan persalinan pun akan bervariasi, bahkan tiap wanita bisa merasakan perbedaan di setiap kehamilannya.


Tapi, tetap ada ciri-ciri umum yang bisa saja Bunda rasakan. Nah, selain kontraksi, berikut ini 5 tanda ibu hamil akan segera melahirkan, seperti HaiBunda rangkum dari Parents.

1. Janin semakin ke bawah

Ciri mau melahirkan adalah turunnya janin ke bawah panggul. Ini dapat terjadi dua hingga empat minggu sebelum persalinan. Kondisi ini biasanya disertai dengan peningkatan frekuensi buang air kecil, juga tekanan panggul dan dubur.

Tetapi positifnya adalah Bunda mungkin tidak akan terlalu merasa sesak napas seperti sebelumnya. Karena janin menjauh dari diafragma Bunda.

2. Hilangnya sumbat lendir

Ini dapat terjadi dari satu hingga dua minggu atau hanya beberapa jam sebelum persalinan, atau tidak sama sekali. Sumbat lendir ini merupakan gumpalan lendir kental yang keluar melalui saluran serviks dan vagina.

Lendir kental ini bisa berwarna bening atau kadang bercampur darah, yang biasanya disebut bloody show. Kadang keluarnya lendir ini disertai dengan kontraksi ringan.

3. Munculnya Braxton Hicks

5 Tanda Ibu Hamil Segera Melahirkan, Selain Kontraksi5 Tanda Ibu Hamil Segera Melahirkan, Selain Kontraksi/ Foto: iStock


Braxton Hicks atau dikenal sebagaiĀ kontraksi palsu, sering muncul tiga hingga empat minggu atau lebih sebelum melahirkan.

Kontraksi palsu ini terjadi tidak teratur, ringan, dan sedikit keram. Biasanya terasa di perut bagian bawah, berlangsung beberapa detik, dan bisa meningkat pada malam hari dan saat berolahraga. Tidak seperti kontraksi persalinan yang sebenarnya, Braxton Hicks tidak mengalami peningkatan frekuensi.

4. Pecah ketuban

Pada beberapa ibu hamil, cairan ketuban bisa pecah secara spontan sebelum persalinan. Ketika itu terjadi, cairan hangat mengalir ke kaki.

Pecahnya ketuban ini bisa juga dalam bentuk tetesan lambat. Nah, kadang mengenali perbedaan antara cairan ketuban yang pecah perlahan dengan urine yang bocor tidak selalu mudah, Bunda. Itu sebabnya penting untuk dipahami, karena jika bukan urine, Bunda harus segera mendapatkan penanganan rumah sakit.

"Cairan ketuban bening dan jernih, dengan sedikit bau apek," kata Robert H. Hayashi, M.D., direktur dan profesor kedokteran ibu dan anak di University of Michigan, Ann Arbor.

5. Kram dan sakit punggung

Bunda mengalami kram seperti haid, bahkan mungkin terasa lebih berat. Bunda juga mungkin mengalami nyeri ringan di bagian punggung bawah serta pangkal paha. Dan ini akan semakin sering dirasakan mendekati hari persalinan.


Simak juga pilatesĀ pasca melahirkan dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi