sign up SIGN UP search


kehamilan

Kenali 6 Tanda Melahirkan Sudah Semakin Dekat, Ketahui Agar Persalinan Lancar

Tim HaiBunda Senin, 20 Sep 2021 07:07 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption
Jakarta -

Tanda-tanda melahirkan Si Kecil sudah dekat umumnya penting sekali untuk diketahui oleh ibu hamil. Sebab, hal ini bisa menjadi pedoman agar Bunda dan suami bisa mempersiapkan diri dan bersiaga untuk menghadapi proses persalinan nantinya.

Jika membahas lebih lanjut mengenai proses persalinan Si Kecil, terkadang ada ibu hamil yang sudah memiliki hari perkiraan lahir yang sudah dihitung bersama dokter kandungannya. Namun, perkiraan hari lahir yang tepat umumnya hanya dialami oleh sedikit ibu hamil.

Sehingga, penting sekali bagi Bunda untuk mengetahui tanda-tanda dalam proses melahirkan Si Kecil. Apa saja tanda-tanda melahirkan sudah dekat yang umum dialami ibu hamil?


Banner TKW Blitar dapat Hadiah MewahFoto: HaiBunda/Mia

Secara umum, tanda-tanda ibu hamil yang sebentar lagi akan melahirkan akan mengalami beberapa gejala, di antaranya sebagai berikut :

Kesulitan tidur

Salah satu tanda menjelang proses persalinan yang dialami oleh ibu hamil yakni sulit untuk tidur malam. Tapi memang sejak trimester ketiga, umumnya ibu hamil akan mengalami hal ini.

Perbedaannya adalah sumber rasa tidak nyaman. Karena di trimester ketiga biasanya rasa tidak nyaman itu disebabkan perut yang membesar sehingga Bunda sulit bernapas. Sedangkan saat Bunda jelang melahirkan, rasa sakit di bagian pinggang dan pinggul jadi penyebab tidak bisa tidur.

Sering kali buang air kecil

Penting untuk diketahui bahwa sebelum persalinan, bayi nantinya akan turun ke rongga panggul ibu hamil. Sehingga, hal inilah yang mengakibatkan rahim menekan kandung kemih dan membuat Bunda sering buang air kecil.

Mengalami sakit / nyeri di bagian tertentu

Rasa sakit / nyeri / kram biasanya akan dialami oleh ibu hamil di bagian punggung, perut, dan pinggang. Rasanya hampir sama dengan menjelang menstruasi tiba, namun kondisi ini lebih sakit.

Terjadinya kontraksi palsu pada perut

Tanda-tanda melahirkan selanjutnya yakni terjadi kontraksi palsu atau pengencangan perut yang datang dan pergi. Biasanya, kontraksi ini akan berlangsung selama kurang lebih 30 - 120 detik.

Keluar lendir kental bersama darah dari mulut vagina

Ketika menjelang persalinan, bagian leher rahim umumnya akan membesar dan melunak untuk membentuk jalan keluarnya bayi. Hal inilah yang mengakibatkan keluarnya lendir yang biasanya berwarna bening, merah muda, atau sedikit berdarah.

Pecahnya air ketuban

Tanda yang paling umum dialami oleh ibu hamil ketika akan menjelang proses persalinan yakni air ketuban yang pecah. Sebelum ketuban pecah, ibu hamil biasanya akan lebih dulu mengalami yang namanya kontraksi pada bagian perut.

Apa saja hal yang perlu dipersiapkan ketika mendekati proses kelahiran anak?

Dari tanda-tanda menjelang kelahiran di atas, Bunda dan suami perlu untuk mempersiapkan beberapa hal penting, di antaranya sebagai berikut :

  • Tas berisi pakaian dan peralatan mandi ibu hamil.
  • Perlengkapan bayi yang dibutuhkan.
  • Aneka makanan ringan.
  • Bantal dan selimut.
  • Gadget

Semoga persalinan Bunda lancar ya, dan jangan lupa juga ucapkan doa kepada Yang Maha Kuasa. Isi doa itu dengan ucapan Si Kecil lahir dengan selamat untuk bertemu Ayah dan Bunda. Amin....(PK)

Simak juga video berikut mengenai manfaat pijat hamil yang bisa lancarkan persalinan. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!