kehamilan

Buang Air Kecil Tak Tertahankan, Tanda Bunda Mau Melahirkan

Maya Sofia Sabtu, 20 Jul 2019 13:12 WIB
Buang Air Kecil Tak Tertahankan, Tanda Bunda Mau Melahirkan
Jakarta - Tanda mau melahirkan yang satu ini pastinya pernah dirasakan oleh para ibu hamil jelang persalinan. Tanda mau melahirkan yang dimaksud adalah buang air kecil (BAK) yang tak tertahankan.

Seiring bayi bergerak turun ke panggul, Bunda akan merasakan lebih banyak tekanan pada kandung kemih dan leher rahim. Mengutip Health Line, hal tersebut menyebabkan Bunda ingin BAK lebih sering dan tak tertahankan.

Seperti diketahui dalam trimester terakhir, bayi yang membesar cenderung menekan kandung kemih sehingga ukurannya bisa menjadi sepertiga sebelum hamil.


Buang Air Kecil Tak Tertahankan, Tanda Bunda Mau MelahirkanSalah satu tanda mau melahirkan adalah ingin buang air kecil tak tertahankan. (Foto: iStock)

Bahkan ketika kandung kemih Bunda kosong, tekanan dapat membuatnya terasa penuh. Melansir dari buku Pregnancy Questions & Answers, ibu hamil terkadang kesulitan mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.

Namun Bunda bisa melakukan cara berikut untuk membantu mengosongkan kandung kemih. Pertama, condongkan badan ke depan untuk memastikan kandung kemih kosong. Setelah itu coba tidak minum apa-apa satu atau dua jam sebelum waktu tidur guna mengurangi bolak balik ke kamar mandi di malam hari. Meski demikian perlu dicatat bahwa Bunda tetap minum paling sedikit 8-10 gelas air setiap hari.

Namun, jika Bunda mengalami nyeri atau panas seperti terbakar saat berkemih segera konsultasi ke dokter ya. Sebab infeksi saluran kemih bisa menimbulkan infeksi ginjal dan meningkatkan risiko persalinan prematur.

Bunda juga bisa simak lima alternatif cara menyusui bayi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(som/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi