kehamilan

Bunda Kenali Istilah 'Pembukaan', Tanda Mau Melahirkan

Maya Sofia Senin, 22 Jul 2019 12:03 WIB
Bunda Kenali Istilah 'Pembukaan', Tanda Mau Melahirkan
Jakarta - Bunda, bukan hal yang mudah untuk memastikan kapan waktu dimulainya persalinan pada ibu hamil. Sebab, tanda-tanda mau melahirkan berbeda pada setiap perempuan.

Meski demikian ada beberapa tanda-tanda klasik yang dianggap sebagai sinyal bahwa persalinan akan dimulai.  Mengutip buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal dengan dr.Fredrico Patria, Sp.OG sebagai supervisi ahli, 'pembukaan' adalah salah satunya.

Tanda mau melahirkan yang dikenal dengan istilah 'pembukaan' tersebut terjadi saat kepala bayi berada di pintu lahir. Istilah ini ditandai dengan angka 1 hingga 10. Adapun bayi baru akan lahir pada pembukaan 10.


Perlu Bunda ketahui,'pembukaan' akan berjalan perlahan satu per satu dan waktunya tidak dapat dipastikan. Bisa terjadi setiap dua jam, namun bisa juga kurang atau lebih.

Bunda Kenali Istilah 'Pembukaan', Tanda Mau MelahirkanIlustrasi tanda Bunda mau melahirkan. (Foto: iStock)

Sementara itu melansir dari buku Ensiklopedia Kehamilan & Kelahiran, selama fase laten, leher rahim hanya akan membuka sekitar 4 cm, kemudian berlanjut hingga 8 cm pada fase aktif.

Rasa sakit terus meningkat ketika leher lahir membuka penuh selama transisi. Terakhir, seluruh leher rahim membuka dan menyatu dengan badan rahim, menciptakan saluran berkelanjutan sehingga bayi bisa melewatinya.

Bunda juga bisa cek apa saja yang harus dipersiapkan saat proses melahirkan nanti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi