sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Daun Beluntas untuk Bunda Hamil

Nanie Wardhani Rabu, 22 Sep 2021 18:30 WIB
Front view of cropped long hair brunet caucasian pregnant woman, sitting in crossed legs, in yoga pose, in bed at home, holding her belly with hand. Maternity, pregnancy, new life. caption

Tentu Bunda pernah mendengar mengenai berbagai manfaat daun beluntas yang biasa digunakan sebagai obat herbal atau obat tradisional untuk menjaga kesehatan tubuh ya. Ternyata selain untuk menjaga kesehatan secara umum, ada banyak manfaat daun beluntas untuk Bunda hamil yang penting juga untuk diketahui lho.

Daun beluntas adalah salah satu jenis sayur yang bisa dikonsumsi untuk Bunda hamil. Banyak sekali manfaat dari ekstrak daun beluntas untuk kesehatan tubuh terutama pada wanita. Di Indonesia, tanaman dengan nama ilmiah Pluchea indica ini sering digunakan sebagai obat tradisional atau obat herbal yang diyakini bisa mengatasi masalah atau menjaga kesehatan, salah satunya adalah menjaga kesehatan Bunda hamil.

Biasanya, bagian dari tanaman beluntas yang paling banyak digunakan untuk obat adalah daunnya, Bunda. Dikutip dari jurnal.unissula.ac.id, daun beluntas memiliki banyak senyawa aktif yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.


Berbagai senyawa aktif yang terkandung dalam daun beluntas, di antaranya flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, tannin, steroid, natrium, minyak atsiri, asam amino, lemak, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, dan vitamin C.

Dikutip dari ejournal.unsrat.ac.id, secara etnobotani, daun beluntas dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes, mellitus, tumor, hipertensi, luka, batu ginjal, wasir, radang sakit pinggang, dan anti-inflamasi. Selain itu, untuk kesuburan dan kehamilan wanita, daun beluntas bermanfaat sebagai antibakteri, antikanker, anti-oksidan, anti-infertilitas, dan mengobati keputihan.

Manfaat daun beluntas untuk bunda Hamil 

Tanaman beluntas ini biasa dimanfaatkan daunnya dan dikonsumsi dalam bentuk sayur. Ada banyak kandungan antioksidan di dalamnya, sehingga manfaat daun beluntas untuk kesehatan Bunda hamil sangat banyak. Apa sajakah manfaat daun beluntas terutama untuk Bunda hamil, simak lengkapnya berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

1. Untuk mengatasi keputihan

Disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang cukup drastis pada Bunda hamil, maka tubuh Bunda hamil biasanya akan mengalami banyak perubahan, dan salah satunya adalah timbulnya keputihan selama masa kehamilan dan tentu saja hal ini cukup mengganggu. Untuk wanita yang tidak hamil pun ada yang juga mengalami masalah keputihan karena banyak sebab, biasanya karena kelelahan atau sedang banyak pikiran.

Salah satu manfaat daun beluntas adalah untuk mengatasi keputihan yang mengganggu selama masa kehamilan tersebut. Untuk mendapatkan manfaat yang dibutuhkan, Bunda hamil dapat mengonsumsi daun beluntas setidaknya seminggu tiga kali.

2. Menjaga kesehatan rahim

Rahim perlu diperhatikan kesehatannya terutama pada Bunda hamil, dimana janin sedang bertumbuh dan berkembang di dalam rahim Bunda. Salah satu manfaat daun beluntas adalah dapat membantu menjaga kesehatan rahim sehingga janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di dalamnya.

Terdapat kandungan antibakteri dan antioksidan yang tinggi dalam daun beluntas. Kombinasi dua kandungan tersebut bisa menjaga kesehatan rahim dengan baik dan terhindar dari beragam masalah yang biasa menyerang rahim atau sistem reproduksi wanita.

Ilustrasi daun beluntasIlustrasi manfaat daun beluntas/ Foto: Getty Images/iStockphoto/naramit

3. Mencegah kerusakan sel

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi membuat daun beluntas ini bisa menangkal radikal bebas. Sel-sel dalam tubuh bisa dijaga kondisinya dengan baik sehingga tidak mudah rusak akibat radikal bebas tadi. Selain itu antioksidan ini juga sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan imun tubuh Bunda hamil, sehingga Bunda hamil tidak akan mudah terserang penyakit selama masa kehamilan berlangsung.

4. Mencegah kanker

Daun beluntas dapat membantu dalam mencegah kanker. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun beluntas. Antioksidan yang terkandung dalam daun beluntas bisa mencegah sel-sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh Bunda hamil dan janin yang sedang dikandungnya. 

5. Mengontrol gula darah

Gula darah pada Bunda hamil biasanya akan mengalami peningkatan secara drastis sehingga meningkatkan potensi terkena penyakit diabetes selama masa kehamilan. Untuk mencegah hal ini tentu harus memperhatikan makanan manis yang dikonsumsi serta mengimbangi dengan makan makanan yang bisa menjaga kadar gula darah tetap normal saat masa kehamilan.

Manfaat daun beluntas salah satunya adalah dapat mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga hal ini akan sangat bermanfaat bagi Bunda hamil terutama yang memiliki potensi terkena penyakit gula darah saat hamil.

Nah, demikian beberapa manfaat daun beluntas untuk Bunda hamil, Bunda. Jika Bunda ingin mendapatkan manfaat yang baik dari daun beluntas, olah daun beluntas tersebut menjadi sayur dan bisa Bunda makan secara rutin. Kesehatan Bunda hamil akan terjaga dengan baik begitu pula perkembangan janin di dalam kandungan juga bisa lebih maksimal.

Untuk bisa merasakan manfaat daun beluntas tersebut secara maksimal, Bunda bisa mengonsumsi daun beluntas dengan kualitas baik dan masih segar. Namun Bunda dengan kehamilan risiko tinggi sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter kandungan tentang makanan apa yang boleh dikonsumsi dan tidak ya.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!