sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal Daun Beluntas dan Manfaatnya untuk Kesuburan Wanita

Annisa Afani Rabu, 28 Oct 2020 12:31 WIB
Indian marsh fleabane, green leaves have medicinal properties. caption
Jakarta -

Tanaman beluntas banyak tumbuh di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya. Di Indonesia, tanaman dengan nama ilmiah pluchaa indica L ini digunakan sebagai obat tradisional yang diyakini bisa mengatasi masalah atau menjaga kesehatan, salah satunya kesuburan.

Bagian dariĀ tanaman beluntas yang paling banyak digunakan untuk obat adalah daunnya, Bunda. Dikutip dari jurnal.unissula.ac.id, daun tanaman beluntas memiliki banyak senyawa aktif yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Adapun senyawa aktif yang terkandung dalam daun beluntas, di antaranya flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, tannin, steroid, natrium, minyak atsiri, asam amino, lemak, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A dan C.


Mengutip ejournal.unsrat.ac.id, secara etnobotani, daun beluntas dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes, mellitus, tumor, hipertensi, luka, batu ginjal, wasir, radang sakit pinggang, dan anti-inflamasi. Selain itu, untuk kesuburan wanita, daun beluntas bermanfaat sebagai antibakteri, antikanker, anti-oksidan, anti-infertilitas, dan mengobati keputihan.

Berikut ini penjelasannya dikutip dari berbagai sumber:

1. Anti kanker

Ada beragam penyakit yang bisa menjadi mimpi buruk wanita dengan masalah kewanitaan, Bunda. Salah satunya seperti kanker serviks, ataupun yang lainnya.

Kanker serviks disebabkan oleh adanya infeksi dari Human Papilloma Virus (HPV). Infeksi ini menyerang mulut dan leher rahim akibat adanya perubahan sel yang abnormal pada serviks.

Beberapa penelitian menyebut bahwa wanita yang mengidap kanker serviks cenderung sulit hamil. Demi menjaga kesehatan dan terhindar dari masalah tersebut, maka antioksidan dari daun beluntas bisa dimanfaatkan.

2. Jaga kesehatan rahim

Sifat antioksidan dalam daun beluntas bermanfaat untuk jaga kesehatan rahim secara optimal dari penyakit-penyakit yang bisa muncul. Selain itu, daun beluntas tidak cuma dipercaya membantu menjaga kesehatanĀ rahim tapi juga organ intim.

3. Tingkatkan vitalitas

Masalah kesuburan seorang wanita juga bisa dilihat dari vitalitasnya, Bunda. Jika seseorang mengalami masalah kesuburan, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya, salah satunya kekurangan stamina untuk melakukan hubungan seksual.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Bunda bisa memanfaatkan daun beluntas sebagai obat herbal. Jika dikonsumsi secara rutin, maka bisa bantu meningkatkan gairah berhubungan seksual.

4. Anti-bakteri

Salah satu manfaat yang diberikan daun beluntas adalah anti-bakteri yang menjadi pemicu masalah kesuburan wanita. Selain itu, infeksi yang bisa terjadi karena adanya bakteri juga bisa mengganggu aktivitas seksual lho, Bunda.

5. Mengatasi keputihan

Keputihan memang menjadi masalah yang dialami oleh banyak wanita. Hal ini tentunya dapat membuat kita merasa tidak nyaman, ya. Namun masalah ini dapat diatasi dengan daun beluntas, Bunda. Dengan kandungan antibakteri di dalamnya, maka keputihan yang dialami akan teratasi dengan cara alami.

Bunda, simak juga 14 ciri hamil yang jarang disadari dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi