sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Mitos Populer Hamil Bayi Laki-laki, Ini Penjelasan Ilmiahnya Bun

Meita Fajriana Sabtu, 20 Nov 2021 08:20 WIB
Ilustrasi ibu hamil Ilustrasi ibu hamil/Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Jakarta - Kehamilan tentu merupakan momen indah bagi para Bunda. Momen saat Bunda menantikan kehadiran buah hatinya yang terus bertumbuh setiap harinya. Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu adalah menebak jenis kelamin calon bayi. 

Jika telah mengharapkan jenis kelamin laki-laki bahkan sebelum dua garis itu muncul, pasti Bunda dan Ayah sudah mengamati setiap tanda dan gejala yang diharapkan menjadi petunjuk. Melansir dari laman VeryWellFamily, Bunda bisa saja melihat ciri hamil bayi laki-laki seperti berikut yang dipercaya orang tua terdahulu.

 1. Bayi terletak rendah di bagian bawah perut Bunda

Menurut cerita orang tua terdahulu, jika sedang mengandung bayi yang terlihat berat ke bagian bawah perut, Bunda mungkin hamil bayi laki-laki. Faktanya, saat bayi posisinya lebih rendah, Bunda terhindar dari beberapa gangguan pencernaan selama kehamilan, itu tidak berarti bayi Bunda laki-laki. 


"Kondisi bayi lebih rendah itu sangat tergantung pada posisi bayi dan jumlah bayi yang Anda miliki yang terutama memengaruhi penampilan perut dan rahim," kata Kameelah Phillips MD, IBCLC, seorang dokter obgyn di Calla Women's Health di New York dikutip dari laman Parents, Rabu (17/11). 

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Bunda terlihat hanya menambah berat badan di sekitar perut

Pernahkah orang mengatakan Bunda tidak terlihat hamil dari belakang? Jika pernah, Bunda mungkin hamil anak laki-laki. Mitos ini menyatakan jika Bunda memiliki kehamilan dengan perut penuh ke bagian depan, ada kemungkinan besar Bunda sedang hamil anak laki-laki.

Tetapi jika Bunda memiliki kelebihan berat badan di pinggul, pinggang, dan bagian belakang, Bunda sedang hamil anak perempuan. 

Faktanya, "Sekali lagi, tidak juga. Ini sebagian besar terkait dengan ukuran dan bentuk tubuh ibu, bukan jenis kelamin tertentu pada bayi," kata Dr Phillips. 

3. Pasangan Bunda tidak bertambah berat badan

Mitos mengatakan ada kemungkinan besar Bunda memiliki anak laki-laki jika Ayah tidak mengalami kenaikan berat badan. Faktanya, "Berat badan Ayah ini tentu tidak berhubungan dan tidak menunjukkan pada jenis kelamin tertentu," kata Dr Phillips. 

Untuk tahu tanda-tanda lain klik halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang 4 ciri Bunda hamil anak kembar di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



CIRI HAMIL BAYI LAKI-LAKI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!