sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Penyebab Keputihan Tanda Hamil Berwarna Cokelat atau Merah Muda

Dewi Ratna Selasa, 23 Nov 2021 17:10 WIB
Young woman having painful stomachache with hands holding pressing her crotch lower abdomen. Medical or gynecological problems, healthcare concept Ilustrasi keputihan/Foto: iStock

Jakarta - Pada umumnya, keputihan memang tidak dikaitkan dengan kehamilan. Namun pada beberapa Bunda, bisa jadi bahwa keputihan merupakan tanda hamil. Kebanyakan perempuan hamil akan mengeluarkan lendir lengket putih atau kuning pucat di awal trimester pertama dan sepanjang kehamilan mereka.

Peningkatan hormon dan aliran darah pada vagina menyebabkan keluarnya cairan. Hal tersebut memang wajar terjadi, sebagai pencegahan infeksi saat serviks dan dinding vagina Bunda melunak.

Keputihan tanda hamil

Bunda, konsistensi keputihan dan lendir serviks mengalami perubahan sepanjang siklus menstruasi dan selama kehamilan. Namun, Bunda biasanya mencari tanda-tanda fisik, termasuk perubahan lendir serviks sebagai sinyal awal kehamilan atau sebagai cara untuk mengetahui masa subur.


Tanda-tanda fisik di awal kehamilan pada umumnya tidak kentara. Karena itu, yang dianggap keputihan tanda hamil oleh Bunda, bisa saja salah. Lendir dari vagina tidak bisa mentah-mentah dianggap sebagai pengukur masa subur maupun indikator kehamilan.

Alih-alih menjadikan indikator keputihan tanda hamil, lebih baik Bunda melakukan tes kehamilan untuk konfirmasi yang lebih andal. Namun, jika Bunda memang hamil, bisa jadi Bunda bakal mengalami keputihan itu selama kehamilan.

Banner Tren Diet KpopBanner Tren Diet Kpop/ Foto: HaiBunda/Mia

Perubahan keputihan selama kehamilan

Selain berubah sepanjang siklus menstruasi, keputihan juga mengalami perubahan selama kehamilan. Keputihan tanda hamil biasanya berwarna bening, putih susu, dengan bau yang ringan atau bahkan tidak berbau.

Selama kehamilan, produksi keputihan meningkat karena hormon estrogen yang juga bertambah dari aliran darah menuju area vagina. Namun peningkatan itu biasanya belum terlihat hingga minggu kedelapan setelah tanda-tanda awal pasti hamil lain muncul, seperti telat haid.

Para trimester pertama kehamilan, keputihan meningkat sebagai upaya untuk menghilangkan sel-sel mati dan bakteri dari rahim dan vagina, untuk membantu mencegah terjadinya infeksi. Jumlah keputihan ini akan meningkat secara bertahap seiring perkembangan kehamilan.

Seiring dengan waktu, pelepasan itu juga membantu membentuk sumbat lendir. Sumbat ini yang menghalangi pembukaan serviks, untuk mencegah infeksi yang membahayakan bayi bisa masuk ke rahim. Selama keputihan tanda hamil itu masih wajar dan tidak berbau tajam, Bunda tak perlu khawatir.

Meski demikian, Bunda juga tetap perlu waspada jika keputihan tanda hamil berwarna cokelat atau merah muda yang disebabkan beberapa hal di halaman berikut ya. 

Simak juga video tentang mitos atau fakta mentimun sebabkan keputihan di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



KEPUTIHAN COKELAT ATAU PINK SELAMA KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!