sign up SIGN UP search


kehamilan

Kenali 3 Tanda Hamil 1 Bulan yang Jarang Disadari, Lihat Bentuk Perut

Meita Fajriana Kamis, 03 Jun 2021 07:03 WIB
Pregnant woman sitting on couch and holding her abdomen caption

Masa kehamilan terbagi dalam tiga trimester. Pada saat Bunda hamil 1 bulan artinya sedang berada di awal trimester pertama. Pada masa hamil 1 bulan ini memang Bunda belum bisa merasakan hal berarti tentang kehamilan Bunda karena belum bisa terlihat jelas. 

Namun di satu bulan pertama ternyata Bunda sudah bisa melihat tanda-tanda kehamilan yang tersirat, meskipun pada saat itu Bunda dan Ayah sering tidak menyadarinya. Apa saja tanda-tanda hamil 1 bulan

Melansir dari laman PlannedParenthood, Waktu kehamilan diukur menggunakan "usia kehamilan". Usia kehamilan dimulai pada hari pertama haid terakhir (HPHT) Bunda. Usia kehamilan bisa membingungkan. Kebanyakan orang mengira kehamilan berlangsung selama 9 bulan 10 hari.


Tetapi karena kehamilan diukur dari hari pertama periode menstruasi terakhir sekitar 3-4 minggu sebelum Bunda benar-benar hamil hingga kehamilan cukup bulan biasanya berjumlah sekitar 40 minggu, totalnya Bunda mengandung kira-kira 10 bulan.

Sebagian dari Bunda tidak ingat persis kapan mulai menstruasi terakhir, namun tidak masalah Bunda. Karena cara paling pasti untuk mengetahui usia kehamilan di awal kehamilan adalah dengan USG. Langkah ini juga aman untuk melihat langsung kondisi dan kesejahteraan bayi oleh ahlinya. 

Tahukan Bunda ternyata usia kehamilan berbeda dengan usia bayi Bunda di dalam kandungan. Pada saat usia kehamilan Bunda 1 bulan artinya bayinya berusia 14 hari Bunda. Hal ini karena ketentuan yang dijelaskan sebelumnya bahwa usia kehamilan dihitung lebih awal yaitu hari pertama haid terakhir. 

Bagi Bunda yang masih penasaran apakah sedang hamil atau tidak, simak tanda-tanda bahwa Bunda sedang mengandung pada satu bulan pertamanya.

1. Sudah terlihat tanda pada perut

Jika Bunda beranggapan perut Bunda sudah membesar di usia 1 bulan. Jawabannya bisa benar dan tidak. Perut Bunda terlihat menonjol bisa jadi karena kembung hormonal yang wajar terjadi saat hamil. Namun bukan karena pertumbuhan bayi di dalam kandungan sudah mulai membesar. Jadi saat merasa perut membesar ada kemungkinan Bunda sedang hamil satu bulan. 

"Bayi berkembang dengan cepat di dalam rahim, tetapi setiap benjolan bayi yang terlihat lebih awal kemungkinan besar disebabkan oleh kembung hormonal, bukan pertumbuhan bayi yang sebenarnya," kata Joshua Copel, MD dokter kandungan di Philadelpia dikutip dari laman Healthline.

Simak tanda-tanda hamil 1 bulan lainnya di halaman berikutnya!

Bunda, simak juga yuk ciri hamil dilihat dari ciri kulit dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA-TANDA HAMIL 1 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi