sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 25 Minggu: Janin Semakin Besar, Bunda akan Sering Buang Air Kecil

Meita Fajriana   |   Haibunda Rabu, 22 Dec 2021 12:07 WIB
Pensive pregnant woman dreaming about child. Young happy expectant thinking about her baby and enjoying her future life, copy space. Motherhood, pregnancy, happiness concept caption

Jakarta - Selamat! Kini Bunda telah memasuki usia kehamilan 25 minggu. Pada minggu ini, perut Bunda sudah semakin besar dengan bentuk yang semakin membulat.

Ya, hal ini karena Si Kecil di dalam perut Bunda berkembang dan tumbuh dengan cepat. Mau tahu seperti apa pertumbuhan Si Kecil di kehamilan 25 minggu ini? Yuk simak terus penjelasannya Bunda.

Melansir dari laman What to Expect, pada kehamilan 25 minggu, rahim Bunda sudah seukuran bola sepak sehingga Bunda akhirnya memiliki perut yang semakin membulat seperti yang sudah Bunda bayangkan sejak awal.


Sementara itu, hidung dan paru-paru bayi berkembang semakin berfungsi dalam persiapan untuk kehidupan di luar saat lahir nanti Bunda. Berikut perkembangan janin di kehamilan 25 minggu yang perlu Bunda ketahui. 

1. Ukuran janin

Bayi Bunda tumbuh dengan pesat. Bayi pada usia kehamilan 25 minggu sudah sebesar kembang kol Bunda. Si Kecil berukuran panjang 13,6 inci dan berat hampir 1,5 pon. Pada usia 25 minggu, ukuran bayi bertambah semakin terasa oleh Bunda. 

2. Paru-paru bayi bersiap untuk bernapas

Pada kehamilan 25 minggu kulit bayi berubah warna karena pembuluh darah kecil, yang disebut kapiler, terbentuk di bawah kulit dan terisi darah. Sehingga janin akan terlihat kemerahan. 

Akhir minggu ini, pembuluh darah juga akan berkembang di paru-paru bayi Bunda. Paru-paru semakin matang sempurna dan bersiap untuk menghirup udara segar pertama kalinya nanti saat lahir Bunda. 

"Pada usia kehamilan 25 minggu, paru-paru dalam proses yang semakin dekat ke kematangan penuh dan selangkah lebih dekat menghirup udara segar untuk pertama kalinya. Prosesnya semakin pesat," kata Jennifer Wu dokter kandungan di Manhattan, New York dikutip dari laman What to Expect, Selasa (21/12). 

Meskipun paru-paru bayi sudah mulai memproduksi surfaktan, yaitu zat yang akan membantu mereka berkembang dengan oksigen setelah bayi lahir, paru-paru masih terus berkembang untuk cukup mengirim oksigen ke aliran darah dan melepaskan karbondioksida saat dia menghembuskan napas, ketika lahir nanti Bunda. 

Banner Istri Jepang Atur Gaji Suami Asal GarutBanner Istri Jepang Atur Gaji Suami Asal Garut/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Hidung bayi mulai bekerja

Paru-paru bukan satu-satunya sistem yang bersiap untuk asupan udara. Lubang hidung dan hidung bayi Bunda juga mulai bekerja minggu ini lho. Ini memungkinkan si kecil untuk mulai berlatih mengambil napas. Bayi juga bisa mencium berbagai aroma di dalam rahim pada minggu ini Bunda.

Sebelumnya diyakini bahwa lubang hidung tetap tersumbat sampai saat ini dalam kehamilan, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa lubang hidung terbuka lebih awal dari kehamilan 25 minggu ini hingga sepanjang trimester tiga Bunda. 

Tentu saja, karena tidak ada udara di sana, bayi Bunda benar-benar hanya bernapas dengan cairan ketuban. Tetapi latihan merupakan hal yang penting, bukan begitu Bunda?

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak pula video tentang fungsi vital air ketuban untuk janin dalam kandungan di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA KEHAMILAN 25 MINGGU YANG BUNDA RASAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!